Institusi Pemberi Gelar: Universitas Airlangga

Institusi Pembelajaran: Fakultas Ilmu Budaya

Nama Program Studi: Bahasa dan Sastra Inggris

Gelar: Sarjana Humaniora

Akreditasi
Nasional: Akreditasi A, BAN-PT No. 0961/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2016 sampai dengan 17 Juni 2021
Akreditasi Internasional: ASIC (Acreditation Service for International Schools, Colleges & Universities) nomor AS92308/0719 sampai dengan 14 Juli 2023
Sertifikasi Internasional: AUN-QA Nomor AP198UNAIRDEC16 sampai dengan 6 Februari 2022

Welcome!

Sejarah Bahasa dan Sastra Inggris

Saat ini teknologi dan arus informasi berkembang sangat cepat dan berimplikasi pada lajunya perkembangan ranah sosial, budaya, ekonomi dan bisnis. Perkembangan dan kemajuan tersebut menuntut individu-individu terampil yang siap berkompetisi. Kesiapan dan keterampilan tersebut akan membantu pengaksesan informasi secara cepat sehingga IPTEKS (Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni) segera dapat dikuasai dan dimanfaatkan untuk kemaslahatan kehidupan sehari-hari dalam era modern ini.

Dalam upaya mewujudkan moto “Excellence with Morality” Universitas Airlangga, Program Studi S1 Bahasa dan Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga memiliki visi untuk menghasilkan sarjana-sarjana terampil dan berkualitas baik di tataran keilmuan maupun terapan, responsif terhadap perkembangan IPTEKS, dan memiliki kemampuan soft skill yang mumpuni. Hal tersebut ditempuh dengan menjadikan kurikulum berdasarkan konsep kualifikasi kerangka nasional Indonesia sebagai inti capaian pembelajaran. Program S1 Studi Bahasa dan Sastra Inggris mempunyai tiga bidang peminatan yaitu linguistik, sastra, dan kajian budaya. Peminatan tersebut diharapkan dapat mempersiapkan calon lulusannya memiliki kompetensi berbahasa Inggris, kemampuan analitis dalam kajian bahasa, sastra, dan budaya yang baik dan sangat diperlukan dalam era global dan modern, serta kemandirian, kreativitas, kerjasama, dan soft skill lain yang mendukung keberhasilan lulusan di dunia kerja.

Kompetensi tersebut belum cukup bila tidak disertai dengan pengetahuan praktis. Oleh karena itu, Program Studi S1 Bahasa dan Sastra Inggris membekali para mahasiswanya dengan beberapa mata kuliah aplikatif dan apresiatif seperti Business Correspondence, Introduction to Public Relations, Interpreting, Translation for General Purposes, Introduction to Media Studies, Introduction to Film Studies, Entrepreneurship, Computer-Assisted Language Learning, Teaching English as a Foreign Language, dan sebagainya. Tujuannya adalah agar para lulusannya dapat segera terserap di pasar kerja, terutama di bidang industri, media/jurnalistik, pendidikan, pariwisata, bisnis informasi, pemerintahan, dan perusahaan-perusahaan multinasional.