Fakultas Ilmu Budaya

image

Salah satu mahasiswa sedang memotret tanda cagar budaya yang ada di Penjara Kalisosok

Penulis: Muhamad Rohman Obet | Editor: Moch. Sholeh Pratama

Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Airlangga (Unair) Prof. Dr. Purnawan Basundoro, S.S., M.Hum., mengadakan Kuliah Sejarah Perkotaan pada 21 Juni 2022 dengan nuansa berbeda dari biasanya. Prof. Purnawan mengajak para mahasiswa Ilmu Sejarah melakukan observasi lapangan ke kawasan Kota Lama Surabaya.

Prof. Dr. Purnawan Basundoro, S.S., M.Hum., memberikan pengarahan terlebih dahulu sebelum mahasiswa melakukan eksplorasi ke tempat-tempat yang telah ditentukan. Mahasiswa dibagi dalam beberapa kelompok kecil untuk mengeksplorasi gedung-gedung cagar budaya dan tempat-tempat bersejarah di Kawasan Kota Lama Surabaya.

Para mahasiswa tampak antusias mengeksplorasi objek-objek cagar budaya di Kawasan Kota Lama Surabaya. Ada yang mengambil foto, ada yang mencatat, ada pula yang melakukan diskusi kecil ketika menemukan keunikan objek sejarah dan budaya di lapangan.

Prof. Purnawan berharap, dari kuliah lapangan yang dilakukan, dapat dihasilkan karya-karya kreatif dengan konten kesejarahan khususnya yang berkaitan dengan Kawasan Kota Lama Surabaya. Sehingga konten tersebut dapat menjadi sarana edukasi kesejarahan bagi publik.

“Dari kegiatan ini diharapkan dapat dihasilkan video dan narasi tertulis sebagai dokumentasi perkuliahan” terang Prof. Purnawan Basundoro.

FIB Unair tercatat telah cukup lama mengadakan kuliah dengan kunjungan ke lapangan. Hal tersebut dalam rangka mendekatkan mahasiswa dengan realitas studinya masing-masing. Sehingga, mahasiswa tidak hanya diajarkan secara teori saja, melainkan juga praktik menganalisis objek di lapangan.

Kegiatan tersebut merupakan bentuk dukungan FIB Unair terhadap Sustainable Development Goals (SDGs) khususnya untuk indikator Quality Education.

Open chat
Ada yang bisa kami bantu ?