Fakultas Ilmu Budaya

image

Poster pengumuman mahasiswa berprestasi FIB Unair tahun 2022.

Kapasitas akademik yang unggul dan keterampilan non akademik yang cemerlang adalah cermin mahasiswa paripurna. Karena itu, setiap mahasiswa pasti mengidam-idamkan banyak ukiran prestasi baik secara akademik maupun non akademik selama proses belajar di bangku perkuliahan.

Salah satu impian setiap mahasiswa ialah menyandang predikat sebagai mahasiswa berprestasi. Untuk 2022, FIB Unair telah memiliki mahasiswa berprestasi untuk semester tiga dan lima. Informasi tersebut disampaikan akun instagram @fib.unair pada 7 Januari yang lalu.

Diketahui, mahasiswa berprestasi semester tiga, juara 1 diraih oleh Raselly Elsa Putri dan juara dua disabet oleh Bakdiyatul Mukarromah. Sementara untuk semester lima, juara 1 disabet  Genada Saika dan juara dua diraih oleh Reno Afriano. Keempatnya, merupakan mahasiswa Bahasa dan Sastra Inggris.

Saat dihubungi, keempatnya kompak mendorong mahasiswa FIB Unair untuk bersemangat mengukir tintas emas selama di kampus.

Raselly mengingatkan bahwa setiap orang memiliki kemampuan dan pencapaian tersendiri,  karena itu penting memaksimalkan tiap kesempatan dengan potensi yang dimiliki.

‘Jangan suka menunda untuk mencoba, membandingkan diri dengan orang lain. Fokus pada diri sendiri. Kalau gagal ya coba lagi, belajar lagi. Setiap keberhasilan yang diraih banyak orang selalu melewati perjuangan yang keras’ ujar mahasiswi peraih Juara Favorit PIMNAS ke-34 Universitas Sumatera Utara tersebut.

Selaras dengan Raselly, Reno Afriano menegaskan untuk tidak takut mencoba memulai. Reno menyebut dibalik prestasi yang diraihnya juga tidak lepas dari banyak kegagalan, kuncinya harus memiliki etos pantang menyerah.

Seraya mengutip tulisan Victoria Holt “Never regret. If it’s good, it’s wonderful. If it’s bad, it’s experience”, Bakdiyatul Mukarromah mengajak para mahasiswa yang masih gamang harus memulai darimana untuk meraih prestasi bergabung dengan Komunitas Lingkar Prestasi (@lipres.fibunair).

‘Yuk berani mulai. Dengan bergabung Lingkar Prestasi, kalian akan berada di ekosistem yang kondusif, karena didalamnya dihuni oleh teman-teman yang memiliki semangat berprestasi’ ungkap perempuan penerima Beasiswa Mahasiswa Berprestasi Kabupaten Lumajang tersebut.

Sementara itu, Genada Asaika mengajak para mahasiswa untuk percaya diri dengan kelebihan yang dimiliki sebagai bekal meraih prestasi. Founder Komunitas Safe Indonesia tersebut menambahkan pentingnya berjejaring dengan rekan-rekan yang memiliki pengalaman dan visi besar meraih prestasi.

‘Kita harus pintar-pintar ya memilih lingkungan positif yang mendukung berprestasi, dengan begitu kita akan merasakan kenyamanan dalam belajar. Proses belajar yang baik tentunya akan menghasilkan sesuatu yang baik, salah satunya adalah prestasi. Semangat!’ ungkapnya.

Genada Asaika sebagai mahasiswa menyabet juara 1 predikat mahasiswa berprestasi kategori semester lima dijadwalkan akan mewakili FIB dalam pemilihan mahasiswa berprestasi di tingkat Unair. (slh)

Open chat
Ada yang bisa kami bantu ?