Fakultas Ilmu Budaya

image

Dalam dua tahun belakangan ini dunia dikejutkan dengan kehadiran virus corona yang sangat mematikan. Virus corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) ialah virus yang menyerang sistem pernapasan.Virus ini dapat menyebabkan penyakit COVID-19 (Coronavirus Disease-2019) dengan berbagai gangguan seperti gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi berat pada paru-paru bahkan dapat megakibatkan kematian pada para penderita. Pemerintah Indonesia turut melakukan intervensi berupa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), pembatasan perjalanan domestik dan internasional, larangan berkumpul dikeramaian, serta penutupan fasilitas umum seperti universitas, sekolah, toko swalayan, taman hiburan, restoran, ruang publik, untuk menghindari persebaran virus yang dinilai sangat cepat.

Keadaan ini sangat berdampak pada seluruh aspek kehidupan manusia, tidak terkecuali pada sektor ekonomi. Pandemi COVID-19 ini telah melumpuhkan sebagian besar pendapatan masyarakat sehingga mereka kesusahan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mahasiswa sebagai Agent of Change tentu tidak bisa hanya meratapi keadaan demikian. Mahasiswa dapat belajar dan membantu orang tua mereka dan masyarakat sekitar dengan menciptakan peluang-peluang wirausaha di tengah pandemi. Berangkat dari permasalahan tersebut, Kementrian Ekonomi Kreatif Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya dan Departemen Kewirausahaan Himpunan Mahasiswa Departemen Ilmu Sejarah Universitas Airlangga mengadakan webinar kewirausahaan yang berjudul “Membangun Semangat Berwirausaha Ciptakan Peluang saat Pandemi” dilaksanakan pada hari minggu, 3 Oktober 2021 melalui ruang virtual Zoom Clouds Meetings.

Webinar  Kewirausahaan “Membangun Semangat Berwirausaha Ciptakan Peluang saat Pandemi” kali ini juga mengundang pemateri yang ahli di bidangnya untuk membagikan sejumlah informasi, serta kiat kiat berwirausaha ditengah pandemi seperti peluang, kendala, tips dan trik dalam memulai berwirausaha. Webinar Kewirausahaan ini diperuntukan bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya yang memiliki usaha dan berkeinginan untuk menambah wawasan mereka terkait kewirausahaan serta terbuka bagi peserta umum. Diharapkan kegiatan Webinar Kewirausahaan ini dapat menjadi program kerja rutin dari Kementrian Ekonomi Kreatif guna membangkitkan semangat berwirausaha bagi mahasiswa.

Open chat
Ada yang bisa kami bantu ?