Fakultas Ilmu Budaya

image

Sejak awal kasus pertama virus corona (COVID19) muncul di Indonesia pada awal bulan Maret 2020, rakyat Indonesia harus menghadapi persoalan yang tak pernah dibayangkan sebelumnya. Dimulai dengan harus di berlakukannya social distancing (Menjaga jarak) hingga PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat)  untuk menanggulangi penyebaran virus. Berbgai kegiatan masyarakat terhambat, seperti kegiatan-kegiatan yang dapat menunjang kemampuan atau pelatihan, seminar atau pameran. Walaupun situasi pandemi ini membuat kegiatan masyarakat menjadi terbatas dan ada sedikit kendala dalam proses penyesuaian, namun hal ini bukan berarti menjadi penghambat untuk masyarakat dalam mengembangkan kemampuannya.

Dalam proposal ini, HIMA LINGUA ingin memfasilitasi kegiatan yang dapat membantu masyarakat untuk terus mengembangkan diri, salah satunya adalah dengan pelatihan TOEFL. HIMA LINGUA menangkap peluang ini, karena melihat fenomena dalam dunia pendidikan, yang mana guru perlu mengembangkan kemampuannya dalam Bahasa Inggris. Disamping itu, dalam pengajaran Bahasa Inggris itu sendiri juga terdapat empat kemampuan dasar yang harus di kuasai oleh guru untuk mendidik siswanya, seperti membaca, menulis, berbicara dan mendengarkan. Tidak hanya itu, dalam pengajaran Bahasa Inggris juga berkenaan dengan struktur gramatika yang runtut dan baku. Lebih jauh lagi, HIMA LINGUA juga memfasilitasi tentang teknik dalam penyelesaian TOEFL agar guru dapat mengajarkan kepada siswanya untuk menyelesaikan soal-soal TOEFL. Bahkan keuntungan dari pelatihan TOEFL ini bagi guru adalah dapat meningkatkan skor TOEFL nya.

Untuk mencapai keberhasilan tujuan umum diatas, terdapat beberapa tujuan khusus diantaranya adalah;

  1. Agar guru Bahasa Inggris mampu mengajarkan Bahasa Inggris kepada para peserta didik dengan mudah seperti dalam memahami atau menjawal soal cerita, menangkap isi dari percakapan melalui listening, menyusun atau mengidentifikasi struktur gramatika yang tepat.
  2. Membantu guru khususnya guru Bahasa Inggris dalam meningkatkan kemampuan-kemampuan dasar dalam Bahasa Inggris seperti struktur gramatika, reading, writing, listening dan speaking dan juga meningkatkan skor TOEFL nya.

Pelatihan TOEFL ini diadakan oleh HIMA LINGUA secara online melalui via ZOOM meeting, dengan perkiraan pelaksaan selama 4 hari. Sasaran dalam pelatihan TOEFL ini adalah guru-guru sekolah dasar di Jawa Timur. Untuk memaksimalkan acara pelatihan TOEFL ini, HIMA LINGUA menyediakan beberapa ahli dalam masing-masing bidang di TOEFL seperti ahli struktur gramatika, membaca dan mendengarkan. Pelatihan TOEFL ini akan membahas secara mendalam tentang tips dan trik dalam menyelesaikan soal-soal TOEFL dengan benar. Harapan dari hasil pelatihan ini adalah peserta yaitu guru dapat meningkatkan skor TOEFL nya dan juga dapat mengajarkan ke peserta didiknya dalam mengarkan Bahasa Inggris dengan mudah.

 

Open chat
Ada yang bisa kami bantu ?