Fakultas Ilmu Budaya

image

Mochtar Lutfi, S.S., M.Hum selaku Ketua Unit Digitalisasi dan Kehumasan saat memimpin rapat koordinasi website program studi di lingkup FIB Unair dalam persiapan akreditasi FIBAA.

Akreditasi merupakan cerminan kualitas suatu institusi pendidikan. Status akreditasi yang unggul membuktikan bahwa suatu lembaga pendidikan telah memenuhi standar mutu minimal yang telah ditetapkan lembaga akreditasi. Semakin baik akreditasi, semakin besar peluang menjadi pilihan masyarakat untuk menempuh pendidikan.

Dalam rangka meningkatkan reputasi Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Airlangga (Unair) sebagai lembaga pendidikan yang berkualitas di kancah internasional, lima program studi (prodi) di FIB sedang mempersiapkan diri untuk akreditasi internasional oleh Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA). Salah satu bentuk persiapan tahap awal ialah dengan menggelar rapat koordinasi untuk meningkatkan performa website prodi pada 19 April 2021.

Diselenggarakan secara dalam jaringan (daring) melalui ruang zoom cloud meeting, rapat koordinasi website prodi dihadiri oleh segenap pimpinan FIB Unair, ketua sekaligus sekretaris departemen dan prodi jenjang sarjana dan magister, serta tim unit digitalisasi dan kehumasan.

Dekan FIB Unair Prof. Dr. Purnawan Basundoro, S.S., M.Hum., saat membuka rapat koordinasi tersebut menyampaikan pentingnya posisi website prodi dalam proses akreditasi FIBAA dalam waktu dekat. Website harus menjadi mercusuar informasi akademik maupun non akademik prodi di FIB Unair bagi publik.

“Kemungkinan tidak akan ada visitasi secara langsung ke lapangan. Seluruh proses akreditasi akan dilangsungkan secara online. Karena itu, website ini pasti akan menjadi salah satu tujuan utama oleh pihak FIBAA dalam melakukan penilaian. Maka dari itu, website prodi harus berbenah, memperbaiki tampilan utama, dan memperbanyak kontennya” ujar Prof. Purnawan.

Prof. Purnawan juga mengatakan bahwa selain harus mempersiapkan segala keperluan dokumen administratif dengan baik, peningkatan kualitas website ini penting dilakukan oleh setiap prodi. Sebab, nantinya website akan banyak terlibat dalam aktivitas akademik maupun non akademik sebagai media dokumentasi yang menyajikan informasi untuk publik.

Sebagai informasi, FIBAA (Foundation for International Business Administration Accreditation) merupakan badan akreditasi internasional berpusat di Jerman yang berorientasi untuk menjamin mutu dan meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di seluruh penjuru dunia. (slh)

Open chat
Ada yang bisa kami bantu ?