Fakultas Ilmu Budaya

image

Nadia Tsaurah, S. IIP., Ketua Ruang Baca FIB Unair menjelaskan detail materi yang akan dipelajari bersama pada pelatihan virtual aplikasi Mendeley

Keterampilan menyusun daftar pustaka secara otomatis ternyata masih belum dimiliki oleh beberapa mahasiswa, alhasil sebagian mahasiswa masih menggunakan cara manual yang cukup menyita waktu. Menilik fakta tersebut, Ruang Baca Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga (RB FIB Unair) memberikan fasiltas berupa pelatihan virtual menyusun daftar pustaka secara otomatis bagi sivitas akademika FIB Unair.

Program workshop bertajuk “Pelatihan Virtual Mendeley: Menyusun Daftar Pustaka secara Otomatis Menggunakan Aplikasi Mendeley” diselenggarakan pada 6 April 2021 secara dalam jaringan (daring) melalui zoom cloud meeting. Acara pelatihan diikuti sebanyak 50 peserta dari unsur mahasiswa dan dosen dengan interaktif. Pelatihan edisi kali ini dipandu oleh Nadia Tsaurah, S. IIP. selaku Ketua Ruang Baca FIB Unair.

Nadia Tsaurah, S. IIP. mengungkapkan masih cukup banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam melakukan sitasi maupun menulis daftar pustaka secara otomatis dalam mengerjakan artikel ilmiahnya. Padahal, sebagian besar aktivitas penugasan perkuliahan menuntut hal tersebut, termasuk ajang bergengsi ilmiah sekaliber Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) maupun Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D).

“Kesulitan yang selama ini dialami teman-teman dalam menyusun daftar pustaka secara otomatis untuk keperluan tugas ataupun ajang lomba kepenulisan ilmiah kini bisa diatasi dengan bantuan aplikasi Mendeley. Cara kerjanya ini berbasis web dan desktop, kita belajar dan praktik bareng hari ini ya” ucapnya.

Para peserta diajak praktik langsung mulai instalasi aplikasi Mendeley pada personal computer (PC)/Laptop hingga mengoperasionalkannya pada perangkat lunak pengolah kata yakni microsoft word. Sejak proses instalasi hingga penyusunan daftar pustaka secara otomatis, para peserta diajak praktik langsung di bawah bimbingan Bu Nadia dengan penuh ketelatenan.

Menurut informasi, RB FIB Unair pekan depan akan kembali menyelenggarakan pelatihan virtual dengan topik yang berbeda, yakni Online Research Management (ORM). Bagi teman-teman yang tidak ingin ketinggalan informasi pelatihannya, silahkan ikuti akun resmi instagram RB FIB Unair @rbfibunair.(slh)

Open chat
Ada yang bisa kami bantu ?