Back

Dr. Adi Setijowati, Dra., M. Hum.
Sambutan Ketua Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia

“Kajian Indonesia dalam konteks kajian linguistik, sastra, dan filologi di era teknologi digital 4.0. ternyata menuntut para akademisi untuk menjawab tantangan zaman. Kini, peminat kajian Indonesia di Barat juga menuntut agar kita bisa menyediakan sumber-sumber primer dan kajian ilmiah yang bisa diakses secara digital. Dalam hal ini, kita harus beradaptasi untuk membantu mengakses informasi tersebut dengan cerdas. Dalam upaya mengenalkan kajian bahasa, sastra dan filologi Indonesia secara internasional, perlu juga diwujudkan semboyan “Excellence with Morality” Universitas Airlangga. Program Studi S1 ​​Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga memiliki visi untuk menghasilkan lulusan yang akrab dengan teknologi dan berkualitas di tingkat akademik serta memiliki soft skill yang tangguh. Hal itu dicapai dengan menjadikan kurikulum berdasarkan konsep kualifikasi kerangka kerja nasional Indonesia sebagai inti dari capaian pembelajaran. Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia memiliki tiga bidang peminatan, yaitu studi linguistik, sastra, dan filologi. Peminatan ini diharapkan dapat mempersiapkan calon lulusan untuk memiliki kemampuan analisis yang unggul dalam kajian bahasa, sastra dan filologi. Hal ini sangat diperlukan, apalagi di era global dan modern di era digital 4.0. seperti saat ini. Karena itulah kemandirian, kreativitas, kolaborasi, dan soft skill lainnya sangat dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan lulusan di dunia kerja. Kompetensi tersebut tidak cukup jika tidak dibarengi dengan pengetahuan dalam ranah kognitif dan keterampilan yang dapat diterapkan. Oleh karena itu, Prodi S1 ​​Bahasa dan Sastra Indonesia membekali mahasiswanya dengan beberapa mata kuliah yang bersifat kognitif, aplikatif dan apresiatif seperti Pertunjukan Drama, Leksikografi, Bahasa Indonesia untuk Orang Asing, Pelestarian Naskah Indonesia dll. Tujuannya agar lulusan segera terserap dalam dunia kerja. pasar kerja, khususnya di bidang industri, media/jurnalisme, pendidikan, pariwisata, bisnis informasi dan pemerintahan.”

Department Board

Department Secretary

Mardhayu Wulan Sari, S.Hum., M.A

Head of Linguistics

Dra. Dwi Handayani, M.Hum.

Head of Literature

Bramantio, S.S., M.Hum.

Head of Philology

Mochtar Lutfi S.S., M.Hum.

academic calendar

Curriculum Structure

Visi dan Misi

Visi

Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia bergerak dalam bidang pengembangan Ilmu Linguistik, Sastra, dan Filologi yang berorientasi pada penguatan kajian budaya lokal serta mencetak akademisi dan praktisi yang mandiri, inovatif, kritis, dan bereputasi baik di tingkat nasional maupun internasional berlandaskan moral agama.

Untuk mencapai visinya, Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia menetapkan misi sebagai berikut.

1. Mengembangkan kajian yang berorientasi pada penguatan kajian budaya lokal dan isu-isu kontemporer dalam bidang Linguistik, Sastra, dan Filologi.

2. Menyelenggarakan pendidikan bidang Linguistik, Sastra, dan Filologi sesuai mata kuliah berbasis teknologi terkini dengan metode online.

3. Mengembangkan penelitian dasar yang inovatif, penelitian terapan, dan penelitian terkait kebijakan baik isu-isu tradisional maupun kontemporer di bidang Linguistik, Sastra, dan Filologi untuk mendukung pengembangan pendidikan dan keterlibatan masyarakat.

4. Mengabdikan kepakaran Linguistik, Sastra, dan Filologi kepada masyarakat.

5. Meningkatkan kemandirian dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi melalui pengembangan manajemen kelembagaan modern yang berorientasi pada kualitas dan kompetensi di tingkat internasional.

Misi

94532
Learners
60483
Graduates
35
Countries Reached
1560
Courses Published

Profil Lulusan

Profil Lulusan : Tujuan utama didirikannya Program Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Airlangga adalah mencerdaskan bangsa melalui pengembangan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia, berilmu tinggi di bidang ilmu bahasa, sastra, dan naskah kuno studi, dan memiliki kinerja yang baik, soft skill yang baik, dan empati yang tinggi kepada masyarakat. Dengan mengacu pada visi dan misi yang telah dijelaskan pada bab sebelumnya, lulusan program ini diharapkan mampu menjadi pencipta, komunikator, peneliti, dan profesional.

  1. Pencipta Karya Sastra – Mampu mengembangkan gagasan, menciptakan karya orisinil, dan tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
  2. Komunikator – Mampu berkomunikasi secara efektif dalam bahasa lisan dan tulisan serta memiliki keterampilan interpersonal.
  3. Peneliti – Mampu melakukan penelitian di bidang bahasa, sastra, teks dan budaya berdasarkan metode ilmiah yang tanggap terhadap tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  4. Profesional – Mampu berpikir kritis, bekerja sama, dan menerapkan ilmu di lingkungan profesional secara proporsional.

Pendaftaran Mahasiswa Baru

Anggota Fakultas

Moch. Jalal S.S.,M.Hum

Dr. Ni Wayan Sartini, Dra., M.Hum.

Puji Karyanto, S.S., M.Hum

Bramantio, S.S., M.Hum

Alumni Unggulan

Pengalaman Anda tidak berhenti ketika Anda lulus.

Anang Santosa
Kepala Dinas Bahasa Provinsi Kalimantan Timur
“Pengetahuan sastra dan bahasa yang saya dapatkan saat itu telah mampu memperkaya pemahaman saya tentang bagaimana manusia membutuhkan kodrat, etika, identitas, dan sarana ekspresi dalam menjalankan kehidupan dan kehidupannya.”
Agusniar Dian Savitri
Ketua Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Surabaya
“Melalui kegiatan praktik lapangan, kita belajar untuk hidup dalam masyarakat yang belum pernah kita temui, situasi baru, dan budaya yang berbeda, serta belajar memahami budaya, pandangan, dan cara hidup yang berbeda.”
Diah Yulianti
Kursus Ilmiah dan Manajer Konferensi Laboratorium Biologi Molekuler Eropa (EMBL) Jerman
“Yang paling berarti bagi saya adalah kehangatan para dosen dan civitas akademika. Saya selalu merasa menjadi bagian dari keluarga besar Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya.”
Khilmi Mauliddian
Kuliah Bahasa Indonesia untuk Asing Universitas Brawijaya
“Kesempatan untuk belajar dan mengasah potensi organisasi dan kepemimpinan saya, juga terbuka lebar. Dari semua yang saya pelajari selama saya kuliah, pada akhirnya saya mampu menjadi bekal yang kuat dalam karir saya.”

Akreditasi Program Studi

Akreditasi BAN-PT

Akreditasi A

Akreditasi Internasional

FIBAA

Mahasiswa Berprestasi

Membangun komunitas yang dinamis dari orang-orang kreatif dan berprestasi