DONOR DARAH FIB H.O.B (Heroes Of Blood)

Darah merupakan salah satu komponen paling penting yang ada dalam tubuh, mengingat fungsinya yaitu sebagai alat transportasi. Kekurangan darah di dalam tubuh dapat memacu sejumlah penyakit dimulai dari anemia, hipotensi, serangan jantung, dan beberapa penyakit lainnya. Beberapa kasus lain seperti kecelakaan dan proses melahirkan juga merupakan penyebab seseorang mengalami kekurangan darah akibat pendarahan hebat. Kondisi ini tentu menuntut instansi yang terkait, seperti PMI dan rumah sakit, untuk selalu memiliki persediaan darah yang mencukupi. Namun ironisnya tak jarang kita temukan kasus kurangnya kantong darah di rumah sakit, sementara kebutuhan akan darah terus meningkat.


Untuk mewujudkan kepedulian tersebut, dengan ini Kementrian Pengabdian Masyarakat BEM FIB Universitas Airlangga melakukan kegiatan donor darah yang bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah PMI cabang Surabaya. Donor darah adalah pemberian darah seseorang secara sukarela untuk maksud dan tujuan transfusi darah bagi orang lain yang membutuhkan. Dengan kegiatan donor darah ini, kita dapat membantu PMI (Palang Merah Indonesia) untuk menambah stock darah bagi masyarakat yang mebutuhkan darah.


Program kerja Kementrian Pengabdian Masyarakat ini bernama FIB H.O.B (Heroes Of Blood) yang dilaksanakan pada 23 November 2017 bertempat di Ruang Siti Parwati Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga. Kegiatan donor darah ini dibuka untuk umum dan dilaksanakan pada pukul 08.00 - 12.00 WIB. Seluruh peralatan telah disiapkan oleh pihak PMI, sedangkan panitia hanya menyiapkan beberapa meja, beberapa kursi, dan beberapa stop kontak untuk keperluan kegiatan. Pukul 07.00 panitia sudah berkumpul dan menyiapkan segala keperluan di dalam ruangan sambil menunggu kedatangan dari pihak PMI. Setelah PMI datang dan menata segala peralatannya dengan dibantu oleh panitia, kegiatan donor darah pun dilaksanakan sesuai dengan waktu pelaksanaan yang sudah dirancang. Adapun peserta donor darah FIB H.O.B (Heroes Of Blood) ini menarik peminat atau pendonor hingga lebih kurang 50 peserta. Namun, tak semuanya dapat mendonorkan darahnya dikarenakan beberapa hal yang tidak sesuai dengan syarat ketentuan dari pihak PMI. Pendonor yang berhasil mendonorkan darahnya mendapatkan bingkisan dari PMI dan souvenir dari panitia. Sedangkan peserta yang belum bisa mendonorkan darahnya hanya mendapatkan souvenir yang telah disiapkan oleh panitia. Dari kegiatan ini kita dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan darah, serta mewujudkan kepedulian dibidang kesehatan.
Jadilah pahlawan dengan donor darah, karena setetes darah anda berarti untuk mereka.

 

Hits 154