GO CLEAN FIB


Kebersihan merupakan kenyamanan yang diidamkan semua orang. Keadaan yang menurut kepercayaan, keyakinan, akal atau pengetahuan manusia dianggap tidak mengandung noda atau kotoran. Hal ini tentu saja sangat digadang-gadang oleh halayak ramai dalam menjalani kehidupan sehari-harinya, terutama kebersihan bagi diri sendiri dan lingkungan. Walaupun sangat disenangi oleh umum, hal ini tidak menjadikan kata ‘kebersihan’ sebagai acuan utama seseorang untuk menjaga sesuatu, misalnya lingkungan. Banyak orang mengatakan cinta kebersihan, tetapi perilakunya enggan melakukan.


Berdasarkan kasus ini, kementerian Pengabdian Masyarakat (Pengmas) dalam naungan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya berinisiatif untuk melakukan suatu gerakan yang menunmbuhkan rasa peduli terhadap pentingnya menjaga kebersihan agar lingkungan terawat dengan baik. Oleh karena itu, terselenggaralah dua program kerja yang dilakukan oleh Kementerian Pengmas yang terangkum dalam nama proker (program kerja) GO CLEAN FIB. Dua proker yang ada dalam GO CLEAN FIB yaitu pemasangan banner dan poster kebersihan dan gotong royong FIB.

Pemasangan banner dilakukan pada tanggal 6 Juni 2017 sebagai peringatan hari lingkungan sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2017, sehari setelah hari peringatan berlangsung. Kegiatan ini tidak hanya memasang banner saja, tetapi juga mengajak warga FIB untuk menyuarakan keluh kesah, saran, kritik dan uneg-unegnya pada kolom “Suarakan Kepedulianmu Disini”. Selain itu, ada juga kolom untuk swafoto sebagai bentuk kepedulian menyuarakan dan mendukung untuk menjaga lingkungan, dengan harapan agar di unggah dalam media sosial dengan tagar “Bersih lingkungan” . Akan tetapi, respon warga FIB kurang antusias dengan adanya kegiatan ini. Pemasangan poster dilakukan pada bulan April 2017. Terdapat empat titik poster yang dicantumkan, diantaranya gazebo FIB (2 poster), Kantin FIB (3 poster), SC BEM FIB ( 1 poster), mading musolla FIB (1 poster). Poster yang tertempel diharapkan dapat menjadi peringatan terhadap warga FIB agar tidak membuang sampah sembarangan.


Gotong royong FIB dilakukan pada Jumat, 22 September 2017 pukul 15:00 WIB kemarin. Sasaran yang dijadikan tempat bersih-bersih yaitu gazebo FIB, yang menjadi tempat berkumpulnya para mahasiswa berdiskusi atau hanya mengobrol saja. Kegiatan ini mengajak seluruh mahasiswa FIB untuk berpartisipasi membersihkan gazebo FIB. Sayangnya kegiatan ini kurang begitu mendapatkan respon positif oleh warga FIB. Mahasiswa yang ikut bersih-bersih hanya sekitar 5 orang saja. Walaupun ada petugas yang membersihkan gazebo, alangkah baiknya jika kita tetap menjaga kebersihannya.

Sebenarnya, kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan pemikiran terhadap warga FIB betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Jika tidak mampu membersihkan maka jangan mengotori lingkungan, karena dampak yang akan terjadi bukan hanya pada diri sendiri, orang lain, maupun lingkungan. Akan tetapi, juga mempengaruhi generasi masa depan yang dikhawatirkan mempunyai pola pikir dan kebiasaan yang sama yang diwariskan turun temurun, akhirnya menjadi sebuah tradisi yang buruk dan akan sangat sulit untuk dihapus bahkan diubah pemikirannya.

Hits 67