Voice of History Competition 2017
Tahun ini adalah yang ke lima kalinya diadakan kegiatan VOC, yaitu lomba dalam bidang ilmiah yang berupa Olimpiade serta Karya Tulis dengan mengangkat topik sejarah. Acara VOC diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Sejarah Universitas Airlangga Surabaya. Lomba kali ini dapat diikuti oleh peserta tingkat SMA untuk kategori lomba olimpiade yang bernama Nusantara. Mahasiswa juga diperbolehkan berpartisipasi sebagai peserta dalam VOC untuk lomba karya tulis ilmiah yang bernama YHC (Youth of History Competition). Semua kategori lomba dapat diikuti pelajar SMA dan mahasiswa di seluruh Indonesia.
Lomba Nusantara atau olimpiade untuk SMA terdiri dari dua babak, yakni babak penyisihan serta babak final. Babak penyisihan dari Nusantara diselenggarakan di 7 Rayon yang tersebar pada 7 kota di Jawa Timur, diantaranya Surabaya, Kediri, Malang, Banyuwangi, Bojonegoro, Madiun dan Jombang. Babak penyisihan olimpiade Nusantara berlangsung pada tanggal 6 Agustus 2017, yaitu pada hari Minggu. Dua pemenang dari masing-masing rayon nantinya akan mengikuti babak final untuk menentukan pemenang akhir.
Dari tiap rayon masing-masing mengirimkan dua tim pemenang dari babak penyisihan untuk kemudian kembali berkompetisi di babak final yang diselenggarakan di Fakultas Ilmu Budaya Universitas airlangga Surabaya. Babak final Nusantara diikuti oleh 14 tim dari 7 daerah rayon. Dalam babak final, masing-masing tim yang terdiri dari 3 orang tersebut harus menyelesaikan seratus soal dari panitia dalam waktu 75 menit. “Soal yang diberikan panitia bukanlah soal biasa, melainkan soal –soal Sejarah dengan model SBMPTN, hal ini merupakan tantangan baru bagi kami yang merupakan pelajar SMA”, ujar Arya, salah satu finalis Nusantara dari Malang.


Sedangkan lomba untuk kategori mahasiswa adalah LKTi yang bernama Youth History Competition atau YHC. Dalam YHC peserta diharuskan mendaftarkan karya tulisnya secara online dan akan diseleksi kemudian diumumkan secara online juga. Tahap pertama dalam lomba YHC adalah seleksi abstrak, kemudian seleksi full paper, serta tahap terakhir adalah presentasi karya atau babak final bagi tim yang lolos di kedua tahap seleksi. Final untuk lomba YHC adalah dengan presentasi dan dilengkapi sesi tanya jawab antara peserta lomba dan juri. Finalis YHC terdiri dari 5 team yang telah lolos serangkaian seleksi paper, kemudian diundang untuk mempresentasikan karya di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga.

Selesai dari pengerjaan sola bagi peserta Nusantara serta presentasi karya bagi peserta YHC, para finalis dikenalkan dengan Museum milik Departemen Ilmu Sejarah Unair, sementara panitia dan juri melakukan penilaian dan seleksi. Acara kemudian merupakan penutupan serta pengumuman pemenang lomba Nusantara serta YHC. Juara pertama Nusantara diraih oleh SMA2 Madiun, sedangkan juara pertama YHC diraih oleh peserta dari UGM.

Hits 167