Bradanaya merupakan rangkaian acara pengenalan kehidupan kampus mahasiswa baru yang dinaungi oleh BEM FIB Universitas Airlangga dalam program kerja kementrian PSDM (Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa). Nama Bradanaya memiliki kepanjangan yaitu Bersatu dalam Wahana Budaya. Di tahun 2017 ini, konsep yang diusung adalah ”Safari Budaya”. Dengan dasar pemikiran pluralisme, konsep tersebut diusung dan dikenalkan kepada mahasiswa baru tentang bagaimana kita dapat menghargai suatu perbedaan yang ada di Indonesia.

Bradanaya diikuti oleh mahasiswa baru selama dua hari. Diwaktu yang cukup singkat tersebut, kami memperkenalkan pluralitas melalui materi – materi yang disampaikan didalam kelas. Dimana mahasiswa baru diajak berdiskusi bagaimana mengatasi suatu perbedaan mengenai ras, suku, agama, budaya, dll. Selain berdiskusi mengenai pluralitas, mahasiswa baru juga berdiskusi dengan mahasiswa-mahasiswa yang berprestasi dibidang akademik dan non akademik. Dengan tujuan agar mahasiswa baru memiliki semangat dalam hal berprestasi dilingkungan kampus. Pada hari kedua mahasiswa baru tidak banyak diberikan materi. Tetapi mereka dibiarkan berekspresi dalam panggung “Art Show”. Mereka dibiarkan bebas untuk unjuk bakat-bakat mereka dalam bidang seni. Seperti bermain musik, tari tradisional, membaca puisi, drama, dll. Suatu penggung hiburan yang diciptakan dari maba untuk maba dan oleh maba itu sendiri.

Diluar waktu yang sudah ditentukan, BEM FIB memberikan suatu suguhan kepada mahasiswa baru. Dengan display ormawa yang menampilkan 15 ormawa di FIB, mahasiswa baru diajak aktif untuk mengikuti suatu kegiatan yang bermanfaat. Diantaranya ada Tetater Gapus, BSO Musik, Pakarsajen, LPM Situs, Sie Kerohanian (SKI, SKK, SKK), MAJA, LDS (Language Debat Society), Tari Tradisoanal, Modern Dance, Futsal, Bulu Tangkis, Basket, dan Duta FIB. Mereka masing masing melakukan pentas bersama didalam lingkungan kampus Fakultas Ilmu Budaya. Dengan puncak acara “Tumpengan” mahasiswa baru beserta panitia makan bersama tumpeng yang sudah disediakan.

Hits 27