Setetes Darah, Sejuta Nyawa

Divisi Pengabdian masyarakat HMD Sastra Indonesia UNAIR telah melaksanakan kegiatan Donor darah pada Kamis (18/5), bertempat di Ruang Siti Parwati, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Airlangga, Surabaya.
Kegiatan yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) tersebut berjalan dengan lancar, peserta yang datang melebihi target panitia. Kegiatan tersebut dilaksanakan dari pukul 09:00 WIB sampai dengan 13:00 WIB, waktu pelaksanaan yang lumayan singkat tersebut bertujuan untuk menjaga keadaan darah supaya tetap baik, namun akibatnya, banyak calon peserta donor darah yang tidak bisa mendonorkan darahnya karena waktu yang terbatas.
Dari sekitar 150 peserta yang terdaftar, hanya berhasil menghasilkan 25 kantong darah, hal tersebut dikarenakan tidak semua peserta dapat mendonorkan darahnya, banyak hal yang membuat peserta tidak dapat mendonorkan darahnya, rata-rata mereka yang gagal mendonorkan darahnya disebabkan Hb yang tidak cukup. Akan tetapi, walaupun hanya mendapat 25 kantong darah, pihak PMI sangat mengapresiasi kegiatan Donor darah ini, karena masih peduli dengan donor darah yang sekarang sudah mulai jarang peminatnya.


Kegiatan Donor darah ini adalah Program Kerja terbesar Divisi Pengabdian Masyarakat HMD Sastra Indonesia UNAIR, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu unit transfusi darah yakni Palang Merah Indonesia (PMI). Selain dengan mendonorkan darah, pihak Divisi Pengabdian Masyarakat juga ingin meningkatkan rasa kepedulian sosial dari masyarakat, khususnya mahasiswa supaya lebih terdorong untuk berbagi dan membantu sesama dengan diadakannya acara tersebut.
Kegiatan ini merupakan bentuk nyata dalam meningkatkan kepedulian sosial bagi mahasiswa dalam membantu orang lain di bidang sosial. Diharapkan kegiatan donor darah yang diselenggarakan ini dapat menjadi wadah untuk meningkatkan rasa kepedulian sosial terhadap orang lain yang membutuhkan. (AB)

Hits 47