Fakultas Ilmu Budaya

image

Ikhsan Rosyid Mujahidul Anwari, S.Hum, M.A., sedang menerangkan koleksi Museum Sejarah dan Budaya serta profil Program Studi Ilmu Sejarah

Kesuksesan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Airlangga (Unair) menyuguhkan Tur Virtual FIB dalam faculty info session rangkaian Airlangga Education Expo (AEE) 2021 patut menuai apresiasi. Kreatifitas konsep pengenalan fakultas kepada para siswa SMA sederajat dari berbagai penjuru daerah serta eksekusi yang rapi oleh tim Tur Virtual FIB adalah kunci keberhasilan menyajikan kemasan acara yang tidak membosankan.

Tur Virtual FIB yang dilaksanakan pada 18 Februari 2021 dan diikuti ratusan partisipan. Berlangsung selama satu jam, pada pembukaan acara, para peserta sudah dikejutkan dengan lantunan kidungan khas Suroboyoan oleh Moch. Jalal, S.S., M.Hum. yang menunjukkan bahwa atmosfer kampus FIB Unair kental dengan unsur kebudayaan dan kebahasaan.

“Beginilah kurang lebih gambaran FIB Unair, dengarkan kidungan saya, ya. Ikut aku ke Surabaya, nanti pulangnya ya mampir di Jogja, nek sampean ngaku cinta budaya daftar kuliahnya ya di FIB saja,” senandung dosen prodi Bahasa Dan Sastra Indonesia tersebut.

Setelah dibuat terkesima melalui kidungan, peserta kemudian diajak menelusuri seluk beluk FIB Unair secara bergiliran mulai dari mengunjungi ruang program studi, unit layanan terpadu, laboratorium bahasa, ruang gamelan, aula, ruang baca fakultas, ruang kelas,  serta museum sejarah dan budaya dengan konsep tur virtual. Akhir kegiatan ditandai dengan kuis seputar FIB Unair yang diikuti dengan sangat antusias oleh para siswa SMA  sederajat.

Pasca mengikuti Tur Virtual FIB dalam rangkaian AEE 2021, para peserta mengaku sangat terpukau sekaligus semakin bertekad untuk terus berusaha menjadi bagian civitas akademika FIB Unair. Abiyyah Taufiqatul misalnya, ia mengungkapkan kekagumannya atas suguhan yang diberikan sehingga membuatkan semakin yakin dengan pilihannya.

“Kesan saya dari Tur Virtual FIB tadi, keren. Tidak sabar jadi bagian dari FIB Unair tahun ini. Semakin tambah yakin pilih FIB Unair di UTBK-SBMPTN nanti. Harapannya, semoga tahun ini adalah tahunku buat bergabung menjadi ksatria airlangga di jurusan Studi Kejepangan FIB Unair. Tunggu aku ya, Fakultas Ilmu Budaya,” ungkap siswa asal MAN Sidoarjo tersebut.

Tidak hanya itu, Wildan Maulana Ahmad peserta Tur Virtual FIB dari SMA Unggulan CT Arsa Foundation, Sukoharjo juga menyampaikan apresiasinya terhadap program pengenalan kampus yang dikemas sangat kreatif sehingga semakin membuatnya jatuh hati dengan FIB Unair.

“Sangat nyaman dengan acaranya, orang-orangnya sangat ramah dan asik. Senang bisa masuk salah satu gedung di Unair (FIB), saya belum pernah ke sana sama sekali. Makin kesengsem sama Unair, karena dari tur virtual yang diperlihatkan, asli bersih dan nyaman. Semoga FIB Unair lebih maju lagi dan membanggakan,” ujarnya.

Bagi para siswa SMA sederajat yang masih belum mengikuti Tur Virtual FIB dalam rangkaian AEE 2021, masih bisa menonton videonya di kanal youtube FIB UNAIR. Selain itu, kalian masih bisa mengikuti sederet acara AEE 2021 hingga 24 Februari 2021 mendatang. (slh)

Open chat
Ada yang bisa kami bantu ?