TIGA MAHASISWA FAKULTAS ILMU BUDAYA RAIH PENGHARGAAN DALAM AJANG LOMBA ARTIKEL ILMIAH TINGKAT NASIONAL

image

Perwakilan Universitas Airlangga dari Fakultas Ilmu Budaya kembali meraih prestasi melalui kompetisi artikel ilmiah nasional. Mahasiswi dari prodi Ilmu Sejarah UNAIR, yaitu Irene Ferliana Putri, Gina Salsabila, dan Nadia Santosa, berhasil meraih juara ke-3 dalam kompetisi Pekan Sejarah Universitas Lambung Mangkurat 2020  pada kategori artikel ilmiah mahasiswa.

 

Melalui artikel ilmiah yang berjudul, “Jamu Madura: Pemanfaatan Kearifan Lokal Sebagai Sarana Ekonomi Wanita Madura”, mereka menjabarkan peran Jamu Madura sebagai suatu kearifan lokal yang memiliki  potensi pengembangan wisata sejarah. Menurut Irene Ferliana, selaku ketua tim, artikel ilmiah ini terinspirasi dari salah satu tugas perkuliahannya. Lebih lanjut, Irene menjabarkan bahwa branding Jamu Madura dan akar historisnya yang unik, membuat kelompoknya melirik komoditas tersebut sebagai suatu untapped potential.

 

Berawal dari informasi lomba yang diberikan Pak Purnawan, tim ini kemudian memutuskan untuk mengikuti kompetisi tersebut, dan dalam waktu dua hari pengerjaan artikel ini selesai. Keseluruhan peserta Pekan Sejarah Universitas Lambung Mangkurat 2020  pada kategori artikel ilmiah mahasiswa berjumlah 63 tim. Dari 63 tim dipilih 10 artikel terbaik yang dilanjutkan pada tahap presentasi. Tahap Presentasi ini dilakukan secara daring pada tanggal 9 November lalu, dengan pengumuman pemenang dilakukan seminggu setelahnya, yaitu pada tanggal 16 November 2020. “Kita bener-bener ga nyangka kalau bakal menang sih, kemarin berhasil masuk 10 besar aja udah seneng banget,” ucapnya pada hari Rabu lalu (18/11/20).

 

Selain berhasil mendapatkan gelar juara pada lomba ini, artikel mereka juga akan dipublikasikan dalam bentuk e-Prosiding Nasional ber-ISBN.

Open chat
Ada yang bisa kami bantu ?