Mengupas Tuntas Wirausaha Mahasiswa EDSA

image

(dari kiri ke kanan) Narasumber Dewi Sri Kuswartiningrum, Dyan Putri Rachmawati, dan Ezra Yamin

            Acara Seminar Karir Entrepreneur yang diadakan oleh divisi Penelitian dan Pengembangan Badan Pengurus Harian Departemen Bahasa dan Sastra Inggris jatuh pada hari Senin tanggal 23 September 2019. Kegiatan Seminar Karir Entrepreneur ini mengundang tiga mahasiswa/i Bahasa dan Sastra Inggris angkatan aktif 2016.  Acara Seminar Karir Entrepreneur tahun ini mengundang Dewi Sri Kuswartiningrum, Dyan Putri Rachmawati, dan Ezra Yamin yang masing-masing mengisi materi mengenai Passion to Career, Career Development dan Entrepreneur Importance.

            Narasumber Dewi Sri Kuswartiningrum yang mempunyai usaha dan karir sebagai Make-Up Artist (@dewismakeupartistry). Ia menjelaskan mengenai Passion to Career yang mana berbicara mengenai pentingnya Passion dalam memulai usaha. Dimana Passion tersebut bisa menjadi salah satu latar belakang memulainya usaha berdasarkan tersebut.

            Narasumber Dyan Putri Rachmawati di sisi lain mempunyai usaha di bidang kuliner (@dy.kebab) menjelaskan tentang Career Development. Ia mengembangkan usahanya dengan bantuan dari Pusat Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Universitas Airlangga. Sekarang usahanya yang saat ini sudah mempunyai outlet dan franchise di kota Surabaya.

            Narasumber Ezra Yamin mempunyai usaha di bidang pakaian (@pamora.sub). Ia memaparkan mengenai Entrepreneur Importance. Tema tersebut menjelaskan tentang pentingnya sebuah relasi dalam Marketing Mix. Dimana hal-hal seperti promosi dan proses penciptaan produk bisa menjadi lebih mudah. Ia juga mengutip perkataan Nadiem Makarim bahwa “Fokus kepada masalah yang dialami banyak orang”.

Peserta Seminar Karir Entrepreneur

            Para narasumber memberikan penjelasan mengenai hal-hal yang perlu diketahui dalam memulai serta menjalani usaha Mereka juga memberi tips and trick dalam memulai usaha dan cara menghadapi hambatan serta tantangan saat menjalani usaha tersebut. Tak hanya itu, para narasumber juga menjelaskan pentingnya mengatur waktu dalam menjalani usaha ketika masih menempuh masa perkuliahan.

            Para peserta seminar mendapatkan jawaban atas pertanyaan mereka saat diadakannya sesi tanya jawab. Sesi dimana para peserta mendapatkan penjelasan dan jawaban atas pertanyaan yang mereka ingin tanyakan terkait dengan para usaha yang ditekuni narasumber.

            Dengan diundangnya para mahasiswa/i Bahasa dan Sastra Inggris angkatan aktif 2016 yang sudah mempunyai usaha saat masih berada di bangku perkuliahan sebagai narasumber, para peserta seminar Entrepreneur mendapatkan ilmu serta informasi baru yang mana berguna untuk mereka yang ingin membuka usaha sembari menjalani aktivitas sebagai mahasiswa atau setelah mereka lulus dari universitas nanti.