LPM SITUS FIB Kembangkan Softskill Mahasiswa Melalui Sekolah Jurnalistik

image

Diklat Jurnalistik Eksternal (Umum) 2018 (Foto : Jeje)

Surabaya–Dunia jurnalistik termasuk salah satu hal yang banyak digemari oleh masyarakat, terutama mahasiswa. Jurnalistik yang teramat lekat dengan dunia kepenulisan membuat banyak mahasiswa tertarik untuk menekuninya. Apa lagi, dalam dunia perkuliahan tentu skill menulis sangat dibutuhkan. Selain untuk mengembangkan softskill dalam bidang kepenulisan, ilmu jurnalistik mempunyai manfaat lebih dari itu, yaitu sebagai sarana pendidikan, informasi, hiburan, dan juga sebagai alat kontrol sosial. Namun, hal tersebut nampaknya belum banyak dipahami oleh masyarakat luas. Kebanyakan orang berpikir bahwa jurnalistik hanya berkutat pada penulisan berita saja. Padahal, ilmu jurnalistik ternyata jauh lebih luas dari itu.

Memahami kondisi tersebut, LPM SITUS FIB UNAIR menggelar Sekolah Jurnalistik yang ditujukan untuk mahasiswa dan masyarakat umum yang tertarik dengan dunia jurnalistik. Sekolah Jurnalistik merupakan salah satu program kerja Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) SITUS Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Airlangga (UNAIR) yang dipelopori oleh Divisi Penelitian dan Pengembangan(Litbang). Kegiatan itu juga menjadi rangkaian acara “Pekan Jurnalisti (Petik)” yang merupakan peringatan Dies Natalis LPM SITUS.


Diklat jurnalistik internal (pengurus) yang menghadirkan alumni sebagai pemateri. (Foto: Fajar)

Sekolah Jurnalistik tersebut nantinya akan mengupas materi seputar dunia jurnalistik yang tidak hanya tentang penulisan berita saja, akan tetapi juga meliputi penulisan opini, profil, features, dan lain-lain. Selain itu, dalam kegiatan tersebut, peserta juga akan memperoleh materi tentang tata olah laman pemberitaan di media, baik media sosial maupun media cetak. Di kahir  acara, peserta akan diberi penugasan sebagai wujud praktek langsungnya terhadap materi yang telah diberikan.

Acara tersebut diagendakan pada Sabtu dan Minggu (23-24/11/2019) mendatang yang bertempat di Ruang Parlinah Perpustakaan Kampus B UNAIR. Diharapkan kegiatan tersebut dapat menghasilkan masyarakat, terutama mahasiswa, yang memiliki wawasan jurnalistik yang luas serta dapat mengembangkan skill-nya dalam bidang jurnalistik secara  baik dan benar.  (Shf)