Malam Puisi Airlangga, Bukan Sekadar Pembacaan Puisi Biasa

Pembacaan puisi oleh mahasiswa pada Malam Puisi Airlangga (Foto : Awali)

Surabaya – Menjadi bagian dari mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) tentu tidak asing lagi dengan dunia sastra, terutama sastra Indonesia. Salah satu yang menjadi program studi di FIB Universitas Airlangga (UNAIR) adalah Bahasa dan Sastra Indonesia (Sasindo). Mahasiswa yang terhimpun dalam program studi ini  biasanya mempunyai kecintaan yang besar terhadap dunia sastra, salah satunya puisi.

Puisi menjadi sesuatu yang keberadaannya tidak hanya dicintai tetapi juga harus dipahami dan diilhami. Tentang berpuisi, baik itu minat dan bakat untuk mencipta maupun membacanya, tentu menjadi hal yang sangat perlu untuk diwadahi dan disalurkan. Menyadari hal itu, Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD) Bahasa dan Sastra Indonesia FIB UNAIR menggelar acara tahunan yang biasanya akrab disapa “Malam Puisi Airlangga” (MPA).

MPA merupakan agenda tahunan HMD Bahasa dan Sastra Indonesia yang dipelopori oleh Divisi Apresiasi Minat dan Bakat (Apminbak). Tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa Sasindo UNAIR, acara tersebut juga ditujukan untuk khalayak umum yang ingin belajar sastra. Selain untuk menyalurkan minat dan bakat mahasiswa serta hadirin yang datang, MPA menjadi kegiatan yang tentu saja dapat menunjang mata kuliah mahasiswa Sasindo. Karena dalam dunia akademik, mereka (mahasiswa Sasindo, red) akan selalu bersentuhan langsung dengan karya-karya sastra, khususnya puisi.

Kumpulan puisi karya mahasiswa pada Malam Puisi Airlangga (Foto : Awali)

 

Seperti namanya, kegiatan itu biasanya dilakukan pada malam hari. Tidak hanya berisi pembacaan puisi biasa, kegiatan  tersebut juga berisi diskusi-diskusi untuk lebih mengetahui khazanah puisi yang sesungguhnya secara lebih dalam. Diharapkan kegiatan tersebut dapat memberi manfaat bagi semua yang terlibat di dalamnya. Baik mahasiswa, penyair atau sastrawan, maupun khalayak umum. Diharapkan pula kedepannya akan lahir semakin banyak acara yang mampu mewadahi minat dan bakat mahasiswa serta masyarakat dalam bidang sastra. (Shf)