Etalase Penyair, Ruang Pertemuan Aktivis Sastra

image

Etalase Penyair sebagai “ruang pertemuan aktivis sastra”  menjadi wadah mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya khususnya mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia untuk saling bertemu antara penyair, penikmat puisi, aktivis sastra. Kegiatan ini juga dibuka untuk semua kalangan yang ingin menikmati puisi atau bahkan bagi siapapun yang sekadar mengisi waktu luang di tengah-tengah jam perkuliahan.

Kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap dua minggu sekali ini menambah warna berkesenian di lingkungan FIB.  Etalase Penyair diadakan untuk mempertemukan antara pembaca puisi dengan pendengar puisi, pembaca puisi dengan penulis puisi, dan pembaca puisi dengan pembaca puisi lain. Pembacaan puisi dilakukan secara bergantian oleh siapapun yang datang, dilakukan secara spontanitas dan sukarela tanpa ada paksaan. Hal ini dilakukan untuk melatih keberanian mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia untuk membaca puisi di depan umum.

Divisi Apresiasi Minat Bakat HMD Bahasa dan Sastra Indonesia terus melakukan variasi di setiap kegiatan Etalase Penyair. Salah satunya adalah diskusi sastra yang telah dilakukan beberapa minggu lalu (26/09). Etalase Penyair bekerjasama dengan FS3LP dan BSO GAPUS dalam kegaiatan Diskusi dan Bedah Buku Kumpulan Puisi Jihwagravancana karya F. Aziz Manna yang merupakan alumnus Fakultas Ilmu Budaya UNAIR.

Dari kegiatan rutin seperti ini lah, sebuah perayaan terhadap seni dan sastra dapat terlampiaskan secara efektif sehingga tidak menutup kemungkinan akan lahir penyair-penyair yang mulai berani muncul di permukaan.