PEMIRA SASINDO UNAIR 2019 sebagai Ajang Pemilihan Ketua Hima Baru Tahun 2020

image

KPU SASINDO UNAIR menyelenggarakan Pemilihan Mahasiswa Raya Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Airlangga atau biasa dikenal dengan PEMIRA SASINDO UNAIR 2019 untuk menunjuk ketua HIMA Baru tahun 2020. PEMIRA SASINDO UNAIR ini merupakan agenda tahunan dalam sebuah pemilihan seorang Kahima baru periode selanjutnya.
PEMIRA SASINDO UNAIR tahun ini sedikit berbeda dengan PEMIRA yang diadakan tahun sebelumnya. Tahun ini KPU SASINDO UNAIR melakukan bebrapa perubahan yang diantaranya terdapat sebuah debat didalamnya yang nanti akan langsung diberikan oleh Panitia dari KPU SASINDO UNAIR. Seperti yang kita ketahui bahwa tahun – tahun sebelumnya hanya dilaksanakan penyampaian visi misi, serta penyampaian berbagai pertanyaan.
KPU SASINDO UNAIR melaksanakan program pemilihan ketua HIMA baru selama 2 hari. Kegiatan yang ada di dalamnya yakni penyampaian visi misi dan melakukan pemungutan suara. Untuk teknis di hari pertama pada tanggal 30 Oktober 2019 adalah penyampain visi misi, lalu disusul debat terbuka antara calon Kahima yang ada. Untuk awal nanti akan dilakukan sebuah penyampain visi misi dari masing – masing calon yang ada, kemudian dilanjutkan dengan pertanyaan panelis. Panelis berikut diisi oleh para Komting, Kahima sebelumnya dan dosen. Setelah pertanyaan dari panelis dilanjutkan dengan melakukan pertanyaan dari audience yang datang. Seberes pertanyaan dari audience kemudian dilanjutkan dengan debat antarcalon yang dilakukan oleh masing – masing calon Ketua HIMA.
Usai serangkaian acara, tibalah pada puncak acara yaitu pemungutan suara yang akan dilaksanakan pada tanggal 5 November 2019. Pemungutan dilakukan oleh seluruh mahasiswa aktif prodi Bahasa dan Sastra Indonesia. Target dari jumlah peserta sebagai pemilih sendiri dari Panitia KPU menargetkan sebanyak 200 lebih pemilih yang ada. Panitia KPU berharap juga dengan memberikan sesuatu yang baru pada awal pemilihan, mampu meningkatkan kinerja untuk HMD Bahasa dan Sastra Indonesia periode selanjutnya.