Festival Budaya 2019

image

Festival Budaya merupakan acara tahunan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga yang dilaksanakan setiap tahun di bulan November – Desember sebagai bentuk peringatan lahirnya Fakultas Ilmu Budaya di kampus timur jawa dwipa. Tidak hanya itu, Festival Budaya juga menjadi wadah bagi seluruh mahasiswa dan warga FIB untuk menyalurkan minat, bakat, dan kreativitasnya. Festival Budaya 2019 akan dengan sempurna menutup serangkaian acara yang telah dilaksanakan di Fakultas Ilmu Budaya dengan berbagai penampilan istimewa dari dalam maupun luar fakultas.

Tahun ini, Festival Budaya mengangkat tema “The Spectrum of Asian Culture in Indonesia”. Banyaknya fenomena budaya Asia yang masuk dan diterima di Indonesia berhasil membuat negeri ini semakin berwarna. Festival Budaya 2019 akan menyuguhkan serangkaian kebudayaan tersebut menjadi satu suguhan istimewa. Berbagai penampilan ormawa FIB juga turut memeriahkan malam puncak Festival Budaya 2019. Pakarsajen dengan alunan tembang jawanya, Band dengan aransemen musiknya, Komunitas Tari Tradisional dengan tari-tarian khas daerahnya, dan Yosakoi dengan tarian khas Jepangnya, semua ini dapat dinikmati oleh pengunjung dengan mengikuti rangkaian acara malam puncak Festival Budaya 2019. Beberapa komunitas budaya urban juga akan ditampilkan seperti Komunitas Modern Dance dan Cheerleading. Tak ketinggalan EDSAMAN dengan kekompakan tarian samannya.

Festival Budaya 2019 tidak hanya mengajak mahasiswa FIB untuk turut berpartisipasi, tetapi juga membuka peluang bagi masyarakat umum untuk bersama-sama menikmati serangkaian acara hingga selesai. Sebelum malam puncak, terdapat serangkaian lomba seperti lomba Modern Dance, Tari Tradisional, Jurnalistik, Fotografi, dan Mural. Lomba ini terbuka bagi masyarakat umum khususnya pelajar SMA untuk bergabung. Beberapa lomba juga akan diselenggarakan selama malam puncak berlangsung, seperti lomba Coswalk, Peragaan Budana, Cosplay, dan Mukbang. Juri-juri yang kompeten di bidangnya akan didatangkan khusus untuk mendukung acara ini.

Foodcourt yang tersedia juga tidak boleh dilewatkan oleh para pengunjung. Disana tersedia berbagai macam makanan dan minuman dari seluruh penjuru Asia. Ini bisa menjadi tujuan bagi siapapun yang ingin mencicipi berbagai kuliner asia tanpa harus memikirkan jauhnya lokasi antar penjual. Festival Budaya 2019 dengan khusus mengundang lebih dari 50 stand makanan dan minuman asia untuk memenuhi kebutuhan perut pengunjung selama menyaksikan acara. Pengunjung tidak perlu khawatir akan kelaparan karena Festival Budaya 2019 sudah menyediakan jawabannya.

Festival Budaya 2019 diharapkan dapat menjadi wadah bagi masyarakat untuk lebih mengenal budaya Indonesia dan Asia. Dengan menyaksikan Festival Budaya 2019, pengunjung dapat menikmati dan menambah pengetahuan tentang kebudayaan-kebudayaan tersebut. Tak hanya membawa manfaat bagi pengunjung, acara ini juga bermanfaat bagi komunitas-komunitas dan ormawa FIB yang turut memeriahkan acara. Mereka mendapatkan wadah untuk menyalurkan minat, bakat, dan kreativitas mereka sekaligus mempromosikan komunitas dan ormawa masing-masing kepada khalayak umum.