Menilik Semarak Japanese World 2019

image

Kepada Departemen Studi Kejepangan FIB Unair, Antonius R. Pujo Purnomo, S.S., MA., Ph.D., memberikan sambutan pembukaan Japanese World 2019

          Secara konsisten, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Airlangga (Unair) setiap tahunya menyuguhkan festival kebudayaan Jepang yang di kemas dalam bingkai Japanese World. Festival tersebut merupakan salah satu hajatan besar FIB yang selalu dinantikan oleh masyarakat yang menggemari kebudayaan Jepang, khususnya di wilayah Surabaya dan sekitarnya. Hal itu dikarenakan, Japanese World selalu berhasil membawa para pengunjung festival seolah berada di negeri sakura dengan segala suguhan pernak-pernik seperti; permainan khas Jepang, ramalan Jepang, kuliner khas Jepang, music khas Jepang, dan lain sebagainya.

            Japanese World sendiri merupakan sebuah festival yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD) Studi Kejepangan FIB Unair sejak tahun 2009. Festival ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mempererat tali persahabatan antara Indonesia dengan Jepang sekaligus memperkenalkan Program Studi Kejepangan ke masyarakat.

            Haira Catur Nurul selaku ketua pelaksana Japanese World 2019 menuturkan perihal target dari penyelenggaraan festival yang  tercatat sudah diselenggarakan sebanyak sepuluh kali oleh HMD Studi Kejepangan FIB Unair tersebut.

            “Targetnya tentu untuk meningkatkan antusiasme masyarakat terhadap budaya Jepang” ungkapnya.

            Guna mendukung dan turut memeriahkan festival, Japanese World 2019 kali ini kembali melibatkan banyak pihak, mulai dari mahasiswa Studi Kejepangan FIB Unair, pimpinan FIB Unair, Konsulat Jenderal Jepang , dan beragam komunitas yang fokus bergerak di bidang budaya Jepang. Kesemuanya, saling bahu membahu dan mengisi untuk menyemarakan Japanese World 2019.

            Japanese World 2019 dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Kepala Departemen Studi Kejepangan FIB Unair, Antonius R. Pujo Purnomo, S.S., MA., Ph.D., Wakil Dekan III FIB Unair, Rizki Andini S.Pd., M. Litt., Ph.D., serta  Konsulat Jenderal Jepang, Tani Masaki.

            Dalam sambutanya Antonius R. Pujo Purnomo, S.S., MA., Ph.D., menyampaikan harapanya agar acara Japanese World 2019 berjalan sesuai dengan rancangan yang telah dipersiapkan panitia selama beberapa bulan terahir.

            “Semoga acaranya berjalan dengan lancar, sukses dan tentunya meriah, menghibur kita semua” tuturnya.

            Sebagai informasi, Japanese World 2019 menghadirkan dua bintang  tamu utama yakni Emkei dan Moccatune untuk turut memeriahkan dan membuat semarak acara yang  diselenggarakan di Kampus B Universitas Airlangga.