PSDM Niseikai

image

PSDM Niseikai

Bukan lagi rahasia umum bagi organisasi untuk memiliki departemen PSDM atau pada beberapa organisasi disebut HRD. Begitu pula halnya di dalam himpunan mahasiswa Studi Kejepangan Niseikai.

Departemen PSDM atau Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa Niseikai itu sendiri bertanggungjawab untuk meningkatkan kualitas baik soft-skill maupun hard-skill para mahasiswa Studi Kejepangan, serta berupaya untuk selalu merekatkan tali persaudaraan antaranggota Niseikai, selain itu juga membangun relasi dan kerjasama dengan pihak-pihak eksternal (himpunan mahasiswa lain) demi mencapai tujuan PSDM yaitu mengembangkan mahasiswa menjadi aktif dan berprestasi.

Dalam menjalankan tugasnya, PSDM memiliki beberapa program kerja yaitu Buka Bersama Keluarga Niseikai, Upgrading Pengurus Hima, IMAJI (Ikatan Mahasiswa Sastra Jepang seluruh Indonesia), dan Studi Banding.

Dimulai dengan Buka Bersama Keluarga Niseikai yang menjadi awal usaha PSDM untuk merekatkan ikatan antarmahasiswa Studi Kejepangan. Dalam program kerja ini tidak hanya mahasiswa Studi Kejepangan, namun para dosen Studi Kejepangan, native speaker, serta perwakilan-perwakilan BEM dan himpunan-himpunan mahasiswa jurusan lain juga turut meramaikan kegiatan ini dengan tujuan menjalin silaturrahmi dan saling berbagi di bulan suci Ramadhan. Bukan sekedar berkumpul untuk berbuka bersama-sama, dalam program kerja ini juga diisi dengan berdiskusi mengenai topik-topik yang sedang marak diberitakan. Selain itu juga memainkan beberapa permainan sambil menunggu waktu berbuka tiba.

Kedua yaitu Upgrading Pengurus Hima. Dengan melakukan perjalanan bersama selama 2 hari 1 malam, diharapkan para pengurus menjadi saling mengenal satu sama lain dan menjadi akrab. Program kerja ini juga menuntut para pengurus untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman terutama kepada mahasiswa tingkat satu yang sedang menyesuaikan diri menjadi seorang mahasiswa. Harapannya adalah seusai terlaksananya upgrading, para anggota HIMA Niseikai menjadi lebih erat dan saling terbuka dalam mewujudkan visi misi yang sama.

Berikutnya adalah Ikatan Mahasiswa Studi Kejepangan seluruh Indonesia atau biasa disebut IMAJI. Merupakan sebuah organisasi eksternal yang diadakan dengan mengirim perwakilan dari himpunan-himpunan mahasiswa studi kejepangan se-Indonesia untuk mengikuti beberapa kegiatan seperti, berdiskusi, berbagi informasi, dan menambah wawasan. Dengan adanya IMAJI, diharapkan dapat menambah relasi dan wawasan demi meningkatkan kualitas prodi maupun hima Niseikai.

Kemudian yang terakhir adalah Studi Banding. Studi Banding merupakan program kerja dimana Hima Niseikai mengirimkan perwakilannya untuk berkunjung ke Universitas lain yang memiliki prodi Studi Kejepangan untuk mempelajari hal-hal yang berbeda yang dianggap dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada mahasiswa Studi Kejepangan khususnya perwakilan tersebut dalam memajukan dan meningkatkan kualitas prodi Studi Kejepangan Unair. Pembelajaran dilakukan dengan saling menukar informasi dalam hal prestasi dan kegiatan yang dilakukan kedua belah pihak dalam mengenalkan prodi maupun hima masing-masing. Hal tersebut diharapkan dapat memberikan dampak dan kesan yang baik kepada kedua belah pihak untuk menjaga kelangsungan relasi tersebut.

Di luar program kerja tersebut, departemen PSDM Niseikai juga turut melaksanakan dan mengajak masyarakat Niseikai untuk mengikuti pengabdian masyarakat, pembinaan PKM, juga mencari dan membimbing mahasiswa berprestasi serta calon-calon duta Fakultas Ilmu Budaya dari prodi Studi Kejepangan terutama berfokus pada potensi-potensi yang dapat dikembangkan para mahasiswa baru.

Demikian penjelasan mengenai PSDM Niseikai beserta program-program kerjanya. Dengan kegigihan dan semangat para pengurus diharapkan semua programnya berjalan dengan baik dan lancar.