Momentum Ospek, Fakultas Ilmu Budaya Dukung Program Go Green dan Diet Plastik

image

Tampak galon air minum yang disedikan oleh pimpinan fakultas dan bersihnya lorong lantai satu FIB Unair

              Rektor Universitas Airlangga (Unair), Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., M.T., Ak., CMA, menginstruksikan kepada seluruh civitas akademika Unair untuk meminimalisir produksi sampah plastik dalam berbagai kegiatan, salah satunya pada aktivitas Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) baik tingkat fakultas maupun universitas. Instruksi tersebut merupakan respon dari adanya kebijakan dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia tentang pelarangan penggunaan wadah plastik. Alasannya jelas, sampah plastik telah lama menjadi permasalahan serius di Indonesia. Berton-ton sampah plastik setiap tahunnya mencemari segala lini lingkungan dan menjadi bagian dari kehidupan masyarakat negara bangsa ini. Alhasil beberapa ruang-ruang berkehidupan masyarakat dipenuhi oleh sampah yang sulit terurai.

Menindaklanjuti instruksi tersebut, pimpinan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) turut mendukung kebijakan yang digulirkan oleh pihak rektorat. Terbukti, pada pelaksanaan PKKMB di FIB, pihak sarana dan prasarana FIB Unair menyediakan galon berisi air untuk minum mahasiswa baru selama berkegiatan sekaligus yang mewajibkan bagi mahasiswa baru FIB Unair untuk membawa tumbler.

            Dalam sambutan yang disampaikan kepada mahasiswa baru, Puji Karyanto, S.S., M.Hum selaku Wakil Dekan 1 FIB Unair kembali menegaskan terkait pelarangan penggunaan air minum dalam kemasan selama masa Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru 2019.

             “Kita ketahui bersama pihak universitas sudah melarang kita menggunakan air minum dalam kemasan, karena itu, adik-adik selama kegiatan PKKMB ini, wajib membawa tumbler,” tegasnya.

   Melalui pelaksanaan kebijakan tersebut, beberapa sudut ruang di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Airlangga (Unair) tampak lebih bersih dan jarang terlihat sampah plastik berserakan. Selain itu, beberapa mahasiswa baru dan tenaga kependidikan serta karyawan FIB Unair juga terlihat membawa tumbler masing-masing.

Perlu diketahui bersama bahwa masa  pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru Universitas Airlangga tahun 2019 kali ini mengangkat tema “Kebangsaan dan Cinta Lingkungan”.