Ini Pesan Dekan FIB Diah Ariani Arimbi: Mahasiswa Baru Fakultas Ilmu Budaya Harus Menjadi “HEBAT”

image

Di atas panggung, Diah Ariani Arimbi, S.S., MA., Ph.D., menyambut mahasiswa baru FIB Unair dengan gelontoran motivasi

Diah Ariani Arimbi, S.S., MA., Ph.D., Dekan FIB Unair mengakrabkan dan memberikan penjelasan slogan “HEBAT” yang dicanangkan oleh tim yang secara khusus dibentuk oleh pimpinan Universitas Airlangga (Unair).

“Semua yang sore ini berada dihadapan saya (mahasiswa baru) harus menjadi mahasiswa HEBAT, dan itu bisa dibuktikan dalam kehidupan sehari-hari selama berkehidupan di kampus, mematuhi etika berperilaku di kampus,” ungkapnya.

Adapun kata “HEBAT” merupakan singkatan dari; Humble (Rendah Hati), Excellent (Memiliki Keunggulan), Brave (Berani), Agile (Tangkas), dan Transendence (Religius). Kelima karakter tersebut harus mampu dimiliki oleh seluruh mahasiswa baru Unair, tak terkecuali yang berasal dari Fakultas Ilmu Budaya (FIB). Mendukung hal tersebut di atas, pimpinan FIB Unair FIB Unair turut mengkampanyekan program “HEBAT” kepada mahasiswa baru FIB Unair Angkatan 2019 saat menyambut sekitar 527 mahasiswa baru di hall lantai 1.

Strategi baru coba memang digulirkan Universitas Airlangga (Unair) dalam ikhtiarnya menanamkan nilai-nilai karakter ke-Unair-an kepada mahasiswa baru angkatan 2019. Targetnya jelas, yakni untuk membentuk mahasiswa yang sesuai dengan prinsip moral dan memiliki keunggulan baik akademik maupun non akademik. Maka momentum Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Unair 2019 merupakan arena yang tepat untuk menanamkan nilai-nilai ke-Unair-an. Sebagaimana diketahui bersama, bahwa karakter dan ciri mahasiswa Unair tercermin dalam kata “HEBAT”.

FIB Unair melalui panitia PKKMB fakultas dan panitia Bradanaya 2019 memiliki komitmen  kuat untuk sukseskan penanaman karakter “HEBAT” kepada mahasiswa baru FIB Unair Angkatan 2019. Hal itu terbukti dengan dilakukannya sosialisasi “HEBAT” yang diselenggarakan oleh pimpinan FIB Unair sebelum pelaksanaan pengenalan kehidupan kampus, pencocokan rundown acara Bradanaya dengan karakter “HEBAT”, hingga memasang banner-banner di beberapa sudut ruangan yang secara tidak langsung mendorong agar mahasiswa baru terarah menuju mahasiswa“HEBAT” sebagaimana yang diharapkan oleh pihak rektorat.

Ke depan, karakter “HEBAT” tidak hanya berhenti dikampanyekan semasa PKKMB saja, melainkan juga akan terus disosialisasikan dan berupaya ditanamkan ke mahasiswa Universitas Airlangga melalui berbagai program kegiatan kampus berbasis akademik maupun non akademik.