Upaya Meningkatkan Rasa Cinta Generasi Muda Terhadap Sejarah Melalui Olimpiade dan Seminar

image

Sejarah adalah aspek penting dalam kehidupan namun kehadirannya kerap kali dianggap angin lalu oleh sebagian orang. Oleh karena itu, HMD Ilmu Sejarah UNAIR mengadakan Olimpiade Sejarah tingkat nasional dan Seminar Nasional di tahun 2019 ini. Setelah pada tahun sebelumnya HMD Ilmu Sejarah UNAIR berhasil menggelar Olimpiade Sejarah se-Jawa, kali ini HMD Ilmu Sejarah UNAIR ingin melebarkan targetnya bukan hanya olimpiade di wilayah Jawa tetapi untuk seluruh Indonesia dan juga untuk pertama kalinya mengadakan Seminar Nasional yang bertemakan “Sejarah Perkotaan” yang sejalan dengan fokus studi pada prodi Ilmu Sejarah UNAIR.
Acara ini akan digelar pada tanggal 1 hingga 3 November 2019 di FIB UNAIR. Rencananya acara ini akan digelar berurutan sebagai berikut, pada tanggal 1 November 2019 untuk presentasi paper mahasiswa, tanggal 2 November 2019 untuk olimpiade sejarah tingkat nasional, dan 3 November 2019 sebagai puncak acara yaitu seminar nasional dan grand final untuk olimpiade sejarah.
Dengan diadakan olimpiade dan seminar sejarah ini diharapkan bahwa generasi muda mulai mencintai sejarah dan mampu menjalin relasi dengan kawan sejawat lewat sejarah, sesuai dengan slogan dari acara ini yaitu “Unity in Diversity Through History” yang mana maksud dari slogan ini meskipun berasal dari latar belakang yang berbeda, generasi muda mampu bersatu dibawah sejarah. Dengan bertambahnya rasa cinta terhadap sejarah mampu meningkatkan wawasan generasi muda terhadap sejarah. Wawasan tersebut akan memupuk kesadaran generasi muda terhadap pentingnya mencintai sejarah negeri ini yang mulai diabaikan oleh generasi mudanya.