Tim Pakarsajen FIB Unair Sambut Tamu dari Universite Le Havre, Normandie, Perancis dengan Gamelan dan Tembang Jawa

image

Michael Hauchecorne mengenakan baju putih, berfoto bersama BSO Pakarsajen FIB Unair.

          Workshop internasional dengan tajuk “French-Indonesia Cooperation in Profesional Education in International Exchanges” terselenggara berkat kerjasama antara Universite Le Havre, Normandie, Perancis dengan Universitas Airlangga (Unair) khususnya Fakultas Ilmu Budaya (FIB) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Acara tersebut tidak sekedar berbagi informasi tentang peluang pertukaran mahasiswa dan penelitian terbaru, melainkan juga menjadi ajang pengenalan kebudayaan, khususnya kebudayaan jawa.

            Sebagaimana dalam rangkaian acara yang memberikan porsi kepada mahasiswa asing dan delegasi dari Universite Le Havre untuk mengenal beberapa kebudayaan jawa, seperti Seni Karawitan Gamelan Jawa, Tari Tradisional Jawa, dan tembang-tembang Jawa.

            Seperti biasa, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) melalui Badan Semi Otonom (BSO) Pakarsajen dan Tari Tradisional mendapatkan kehormatan untuk menyuguhkan penampilan menyambut tamu dari Universite Le Havre, Normandie, Perancis.

            Penyambutan itu dilangsungkan di Ruang Siti Parwati lantai 2 FIB Unair, Begitu rombongan mahasiswa asing dari Universite Le Havre, Dr. Darwis Khudori, dan Michael Hauchecorne memasuki ruangan, seketika itu pula alunan gamelan berbunyi menyambut kehadiran tamu rombongan dari Kota Mode tersebut.

            Sekitar lima tembang Jawa dan dua jenis tari tradisional Jawa mengiringi dan menghibur tamu yang hadir malam itu. Benar saja, para tamu tersebut begitu takjub dan tampak menikmati sajian penampilan yang disuguhkan. Wakil Presiden Universite Le Havre Normandie, Michael Hauchecorne beberapa kali melontarkan senyum dan pujiannya disela-sela obrolannya dengan beberapa pimpinan FIB Unair yang turut hadir dalam momen langka tersebut.

Good appearance, amazing music, thank you for the welcome,” ucapnya seraya memberikan tepuk tangan apresiasi.

          Ini bukan pertama kalinya bagi FIB Unair khususnya BSO Pakarsajen dan Tari Tradisional menyambut tamu dari luar negeri, melainkan sudah menjadi agenda rutin yang ditunaikan. Tentu ini menjadi sesuatu prestasi tersendiri yang sangat membanggakan.

            “Kami dari Paguyuban Karawitan Sastra Jendra (Pakarsajen) selalu menyambut setiap tamu dari luar negeri yang berkunjung ke fakultas kami ini,” ungkap Sukma salah satu sinden Pakarsajen.