Latihan Alam Teater Gapus FIB Universitas Airlangga

Dalam perkembangan dunia perteateran, dibandingkan dengan dunia komunitas teater Non_kampus, Teater kampus masih dipandang sebelah mata dalam hal konsep, gagasan maupun wacana dunia perteateran di Indonesia. Cara pandang tersebut akhirnya memengaruhi perkembangan teater kampus baik secara langsung atau tidak langsung. Sayangnya, pengaruh yang ditimbulkan oeh fenomena tersebut lebih pada pengaruh negatif dan merugikan bagi aktivis teater kampus dan perkembangan komunitas teater kampus. Hal yang paling dapat dilihat dan merupakan sebuah dampak terbesar adalah lesunya kondisi proses kreatif komunitas teater kampus. Asumsi ini muncul karena jarangnya pementasan teater oleh komunitas teater kampus yang dapat menyedot banyak perhatian dari para penikmat, kritikus, maupun aktivis teater.
Di sisi lain yang masih selaras, kami Teater Gapus Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga Surabaya terus-menerus melakukan usaha demi bangkitnya dunia perteateran kampus, dan berubahnya cara pandang negatif terhadap teater kampus. Setelah anggota baru teater Gapus mengikuti serangkaian  workshop, selanjutnya mahasiswa baru diberi kesempatan untuk mengikuti kegiatan selanjutnya yaitu Latihan Alam (Latam) dimana kegiatan ini diperuntukan untuk pendalaman keaktoran, music, hingga memproduksi sebuah pementasan teater yang layak. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini  diberi kesempatan untuk mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki melalui  kegiatan yang dilaksanakan di alam terbuka ini. Baik itu di bidang kreatifitas, pembedahan naskah, hingga menciptakan sebuah inovasi-inovasi baru di lingkup dunia perteateran.
Hal ini, merupakan salah satu bentuk baru yang dilakukan guna untuk memikat mahasiswa baru maupun mahasiswa aktif di Fakultas Ilmu Budaya yang belum bergabung  di Teater Gapus ataupun memiliki ketertarikan di didang kesenian khususnya Teater. Sehingga nantinya para anggota mampu menambah wawasan dan keberagaman ilmu di dunia perteateran yang tidak bisa ditemui dalam latihan rutin biasa ketika diadakan di kampus. Kegiatan ini juga diperuntukan bagi tiap-tiap anggota agar merasa memilki wadah yang sesuai dengan kebutuhannya sehingga nantinya diharapkan seluruh anggota tetap aktif berproses dalam teater Gapus.  Hal ini juga bertujuan untuk mengugurkan stigma-stigma negatif masyarakat diluar sana yang masih memandang negatif teater kampus.