Ikhsan Rosyid Mujahidul Anwari S.S., M.A. Presentasikan Kuliner Surabaya di Negeri Sakura

image

        

          Salah satu dosen Departemen Ilmu Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Airlangga, yakni Ikhsan Rosyid Mujahidul Anwari S.S., M.A. dalam keikutsertaannya berkunjung ke Iwate University berkesempatan untuk memresentasikan hasil penelitian terbarunya tentang “Culinary as the Identity and Culture of the Surabaya Metropolis” di Iwate University, Jepang.

            Pria yang akrab disapa Mas Ikhsan tersebut menyebutkan bahwa kunjungan ke Iwate University dalam rangka memerkuat kerjasama antara Universitas Airlangga dengan Iwate University. Selain itu, ia didapuk menjadi dosen tamu untuk membagikan hasil penelitian terbarunya kepada mahasiswa kelas internasional di Iwate University.

            “Itu hasil penelitian terbaru saya, tentang kuliner dan identitas di Kota Surabaya. Tapi, beberapa kali mereka juga bingung ketika saya menyampaikan materi penelitian tepatnya beberapa diksi nama lokal seperti rujak cingur, toge dan lontong, meskipun sudah saya terjemahkan ke bahasa inggris tapi ya tetap mereka bingung.  Baru saat saya tunjukkan gambarnya, baru mereka mulai nyambung. Mereka sangat tertarik dan mendengarkan presentasi saya dengan sangat serius.” Jelasnya saat ditemui di kantor Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Universitas Airlangga Kampus C.

            Selama tiga hari di Negeri Sakura, Mas Ikhsan yang juga merupakan Sekretaris Departemen Ilmu Sejarah ini tidak hanya berbagi penelitian terbarunya di Iwate University, melainkan juga berkunjung ke beberapa lokasi cagar budaya di Jepang seperti Musem, Istana Kaisar, Kuil dan Stasiun Tua.