Sahur On The Road: Kompaknya Ormawa di FIB isi Ramadhan

image

          Mengisi bulan suci Ramadhan dengan kegiatan positif merupakan sebuah pilihan sebagai bentuk rasa syukur. Hal itu dilakukan oleh beberapa organisasi mahasiswa (ormawa) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Airlangga (Unair) dalam bingkai Ramadhan di Fakultas (RDF).

            Beberapa ormawa FIB Unair berkolaborasi menyelenggarakan Sahur On The Road (SOTR). Diantaranya Sentra Kerohanian Islam (SKI), HMD Bahasa dan Sastra Indonesia dan HMD Ilmu Sejarah. Kegiatan tersebut dilangsungkan disekitaran kampus B Unair yakni meluputi daerah Karang Menjangan, Gubeng Kertajaya, dan Dharmawangsa.

            Lebih dari serratus bungkus nasi dan air mineral diberikan kepada para pekerja malam maupun kaum dhuafa, seperti tukang sampah, tukang becak, penjaja makanan tradisional, juga para pengemis yang tidur diteras-teras ruko.

            Sekitar pukul 02.30 volunteer dari kolaborasi ormawa berpencar menuju tiga titik daerah sasaran yang telah ditentukan. Tidak berselang lama, lebih dari seratus bungkus nasi dan air mineral habis dibagikan.

            Salah satu koordinator acara, Adyt Al Kautsar yang juga merupakan ketua SKI FIB Unair memberikan tanggapan juga harapanya perihal acara yang menjunjung tinggi kebaikan bersama ini.

            “Semoga acara ini akan berlanjut tahun depan, karena memang tujuannya baik. Selain itu, saya juga berharap agar kerjasama semacam ini tetap berlanjut, apalagi kalau semua ormawa yang ada di FIB turut andil, pasti akan semakin mantab,” tegas mahasiswa semester empat tersebut.

            Tentu kegiatan semacam ini patut diapresiasi karena terdapat usaha yang baik untuk memupuk rasa kepedulian antar sesame. Senada dengan citra mahasiswa yang belajar di Faculty Of Humanities, seyogyanya berkesadaran tinggi untuk memanusiakan manusia.