Kisah Ula Dari Bilik Suara: Mahasiswa FIB Peserta Program KKN Tematik Pemilu 2019

image

          Setiap pemuda dituntut untuk mampu berkontribusi di berbagai bidang dalam rangka mengisi kemerdekaan, tak terkecuali para mahasiswa. Dalam momentum bersejarah seperti pemilihan umum (pemilu) serentak 2019, mahasiswa dirasa perlu untuk turut serta ambil bagian dari proses panjang di dalamnya. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti KKN Tematik Pemilu 2019 yang digagas oleh Lembaga Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) Universitas Airlangga (Unair).

            Salah satu pesertanya adalah Choirunnikmatul Ula, mahasiswa Departemen Ilmu Sejarah angkatan 2016. Ula mengutarakan motivasinya mengikuti KKN Tematik Pemilu 2019 karena ingin berpartisipasi secara langsung dalam hajatan demokrasi lima tahunan ini.

            “Ya pengen ikut berpartisipasi aktif dalam hajatan pemilihan umum (pemilu), soalnya dulu-dulu itu ya cuma nyoblos saja. Selain itu, yang jelas juga pengen tahu bagaimana sih pemilu itu berlangsung,” ungkap mahasiswi asal Jepara tersebut.

            Ula menyebutkan beberapa pengalamannya selama mengikuti serangkaian program KKN Tematik Pemilu 2019. Ditempatkan di Kecamatan Tandes, Ula mendapatkan pengalaman yang sangat berharga. Misalnya, bertambahnya wawasan seputar kelembagaan dalam pemilihan umum (pemilu), distribusi logistik pemilu, hingga tata cara pemungutan suara dan penghitungan suara. Dan yang perlu diketahui adalah, Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah bekerja dengan maksimal sesuai dengan tugas dan prosedur sebagai penyelanggara pemilu.

            “KKN ini mungkin terlihat sebentar, namun benar-benar berat. Meskipun demikian, saya merasa sangat senang karena mendapatkan kawan-kawan baru baik dari jurusan lain maupun dari panitia PPK dan PPS, bekerja dalam tim, dan dari situ wawasan bertambah,” jelasnya.

            Selain itu, Ula juga menyampaikan harapanya agar konsep KKN Temartik Pemilu lebih baik lagi. Meskipun, juga perlu dipahami bahwa KKN jenis ini baru pertama kali dilaksanakan di Indonesia, tentu ini merupakan prestasi bagi Universitas Airlangga, dan untuk Ula yang menjadi bagian di dalamnya.

            “Pemilu tahun ini sangat seru sekali, karena itu saya ikuti KKN-nya. Semoga KKN Tematik Pemilu lebih matang, baik dari perencanaan hingga pelaksanaan. Juga, semoga pemilu 5 tahun ke depan dapat jauh lebih baik dari tahun ini,” pungkasnya.