Gandeng King Sejong Institute, FIB sukses datangkan 500 pengunjung di Gelaran Korean Culture Day 2019

image

Sudah sejak lama, budaya korea mendapatkan tempat terbaik di kalangan mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Universitas Airlangga (Unair), Surabaya dan sekitarnya. Mulai dari drama Korea hingga musik K-Pop, budaya Korea menjadi magnet tersendiri bagi kalangan muda Indonesia. Hal itu terbukti ketika acara Korean Culture Day 2019 digelar di Aula Siti Parwati, FIB Unair pada 26 April 2019 yang dihadiri lebih dari 500 pengunjung.

Acara tersebut terselenggara berkat kerjasama yang terjalin antara King Sejong Institute Surabaya dengan FIB Unair. Dalam sambutannya, ketua King Sejong Institute (KSI) Surabaya menyampaikan beberapa pesanya kepada para anak muda yang hadir siang itu, bahwa KSI sangat terbuka untuk semua kalangan yang ingin mengenal budaya korea lebih intensif.

“Silahkan, untuk semua yang hadir dalam ruangan ini, kalian bisa mengenal lebih jauh budaya korea, belajar bahasa korea bersama kami di KSI, kami siap memfasilitasi,” ucapnya saat sambutan pembukaan.

Sementara itu, Dekan FIB Unair Diah Ariani Arimbi S. S., M. A., Ph. D. dalam sambutannya juga mengungkapkan adanya fenomena pergeseran tren budaya populer di kalangan remaja. Salah satu tren budaya yang tengah digandrungi saat ini adalah budaya Korea yang terkadang membuat para generasi muda tidak lebih akrab dengan budaya bangsanya sendiri.

“Saya ucapakan selamat datang untuk semua yang hadir di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Airlangga. Selamat menikmati suguhan kami. Silahkan berkenalan dengan budaya korea, ya meskipun waktunya singkat, bagaimanapun budaya Korea ini kan sekarang begitu digemari oleh kawula muda” ungkapya.

Ratusan mahasiswa dari berbagai fakultas dan kampus turut hadir dalam acara Korean Culture Day 2019. Mereka memadati Aula Siti Parwati FIB Unair untuk menyaksikan berbagai pertunjukkan yang disajikan semisal; mulai dari opening remarks, tradisional performances, K-Pop Dancer, hingga Korean Singing Performance.

Selain itu, para pengunjung yang hadir juga dapat melihat beberapa stan yang bertema Korean Culture Experiences yang menyuguhkan berbagai tema sajian. Diantaranya; Korean Traditional Food, Korean Calligraphy, dan Korean Hanbok Photobooth. Tiap pengunjung menjelajahi stan yang memancarkan daya tarik tersendiri. Dari stan tersebut para pengunjung tak jarang mendapatkan hadiah seperti kipas tradisional dari Dongseo University (DSU) ataupun kuliner tradisional korea secara gratis

Siska Ira mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia mengutarakan perasaan senangnya setelah mengikuti serangkaian acara Korean Culture Day 2019. Ia sangat mengapresiasi atas terselenggaranya acara tersebut, namun, disisi lain, Siska sapaan akrabnya, juga menyampaikan harapanya agar, jika acara serupa dilaksanakan di tahun depan supaya menyediakan tempat yang lebih representatif melihat animo mahasiswa yang sangat tinggi menghadiri acara ini.

“Pastinya sangat senang ya, karena bisa tahu ahirnya beberapa budaya korea, seperti baju tradisionalnya, kulinernya, kipasnya ini, jadi gak hanya drama korea dan boy atau girl band-nya saja. Karena melihat acaranya tadi sangat penuh sesak, saya sih berharap acara seperti ini akan dilaksanakan lagi tahun depan, tapi ya dengan ruangan yang cukup kalau bias,” ungkapnya.(slh/kkh)