Seminar For Lecturers: Perkuat Wawasan Tentang Jurnal Internasional, Departemen Bahasa dan Sastra Inggris datangkan Pakar dari Jerman

image

 

            Sebagai bentuk upaya kontribusi Fakultas Ilmu Budaya mencapai visi Universitas Airlangga menuju World Class University (WCU) melalui publikasi internasional, Departemen Bahasa dan Sastra Inggris menyelenggarakan Seminar For Lecturers dengan topik “Academic Writing for International Publication”. Bertempat di Aula Chairil Anwar Lantai 2, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Airlangga. Acara tersebut sukses dilaksanakan pada Rabu (02/04/2019).

            Prof. Dr. Volker Raddatz dari Senior Experten Service (SES) selaku dosen tamu dan juga pensiunan dosen di Humboldt University, Jerman, didapuk sebagai pembicara pada acara tersebut. Prof. Volker sendiri sudah malang melintang di berbagai kampus ternama di Indonesia untuk mengisi kelas penulisan jurnal untuk publikasi internasional.

            Prof. Volker menyampaikan banyak hal mengenai ketentuan artikel ilmiah berbahasa inggris untuk publikasi internasional. Terutama perihal kaidah apa saja yang perlu diperhatikan dan dipenuhi serta beberapa hal yang sebaiknya dihindari dalam menulis artikel ilmiah untuk dipublikasikan di jurnal internasional.

            “Konten artikel benar-benar harus diperhatikan, sistematika penulisannya, sudah memenuhi kriteria apa belum. Harus paham, artikel yang dibuat memiliki impact yang besar atau tidak, itu yang penting,” ungkap Volker di hadapan sekitar 21 peserta yang berasal dari dosen di berbagai program studi di Fakultas Ilmu Budaya. Pelatihan itu diadakan untuk mendorong dosen FIB agar bisa menulis artikel untuk jurnal internasional dengan baik.

            Hadir dalam acara tersebut Deny Arnos Kwary S.S., M.Hum., Ph.D., selaku Kepala Departemen Bahasa dan Sastra Inggris. Menurutnya, acara tersebut dapat membawa suasana baru dan memberikan atmoster akademik yang baik di FIB.

            “Tujuan lokakarya ini, agar dapat menambah wawasan dosen FIB mengenai artikel jurnal internasional, para dosen lebih familiar dengan tata cara penulisan artikel di jurnal internasional,” ujar Deny Arnos.

            Dra. Nur Wulan MA, Ph.D., Wakil Dekan 2 FIB yang juga hadir dalam pelatihan, menambahkan, bahwa dengan terselenggaranya program pelatihan menulis ini, diharapkan akan lebih banyak artikel dosen FIB yang dimuat di jurnal Internasional.

            “Harapanya, supaya lebih banyak artikel ilmiah yang ditulis dosen FIB yang bisa dimuat di jurnal internasional,” imbuhnya.

            Perlu diketahui, dalam rangka peningkatan jumlah artikel yang dipublikasikan di jurnal internasional, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) melalui Departemen Bahasa dan Sastra Inggris akan menyelenggarakan pelatihan serupa secara berkala. Terdekat, akan ada agenda lanjutan yakni Seminar For Lecturers dengan tema “Postcolonial Writings for Academics Writing Part II” pada (09/04/2019).