Satu Periode Keilmuan Nisekai Mengabdi

image

Satu Periode Keilmuan Nisekai Mengabdi

Sebuah himpunan mahasiswa atau yang biasa disebut dengan HIMA baiknya dapat mengabdikan diri untuk masyarakat dalam jurusannya. HIMA Nisekai yang merupakan sebutan untuk himpunan mahasiswa dari Departemen Studi Kejepangan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga, selama satu periode ini telah melakukan pengabdian masyarakat untuk seluruh mahasiswa Studi Kejepangan. HIMA Nisekai memberikan fasilitas kepada mahasiswa Studi Kejepangan untuk menyalurkan bakat atau memanfaatkan program-program penunjang perkuliahan mereka. Salah satu fasilitas yang diberikan adalah kegiatan keilmuan yang dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa Studi Kejepangan di bidang akademik. Kepengurusan bidang keilmuan dalam HIMA Nisekai dipegang oleh Departemen PPAP (Pengembangan Potensi Akademik dan Prestasi) dengan diawasi langsung oleh Badan Pengawas Harian (BPH).

Sebagai departemen keilmuan, PPAP menyediakan tempat untuk mahasiswa Studi Kejepangan untuk mendalami dan meningkatkan kemampuan mereka di bidang akademik. Ada dua jenis kegiatan yang diadakan oleh departemen PPAP, kegiatan yang diadakan rutin setiap minggu dan kegiatan yang hanya diadakan sekali dalam satu tahun saja. Kegiatan rutin yang dilakukan setiap minggu ada 3 yaitu, Benkyoukai atau kegiatan belajar tata bahasa bersama, Kanji club atau kegiatan belajar huruf Jepang bersama, dan Kaiwakai atau kegiatan belajar melakukan percakapan bersama. Kegiatan lain yang hanya dilakukan satu kali dalam setahun ada 3 juga yaitu, Benkyoukai N3 atau kegiatan belajar bersama untuk ujian JLPT level 3, Benkyoukai Shinnyuusei atau kegiatan pengenalan materi perkuliahan kepada mahasiswa baru, dan Kanji Taikai atau kegiatan lomba pemahaman huruf Jepang. Mahasiswa yang berminat mengikuti kegiatan keilmuan ini pun datang tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Oleh karena itu, jumlah yang datang tidak bisa selalu banyak karena harus menyesuaikan dengan jadwal dan kesibukan mahasiswa juga.

Benkyoukai merupakan kegiatan yang diadakan untuk mengulang kembali materi tata bahasa yang telah diberikan dosen di kelas. Hal ini dilakukan untuk membuat mahasiswa dapat lebih memahami materi yang diajarkan, serta membantu mahasiswa yang belum sempat memahami materi saat berada di kelas.

Kanji Club adalah kegiatan pengenalan dan pemahaman huruf-huruf Jepang, khususnya huruf ­kanji. Huruf kanji sendiri merupakan huruf serapan dari bahasa Cina yang kemudian ditataulang agar bisa digunakan dalam bahasa Jepang. Kegiatan ini diadakan untuk membantu mahasiswa lebih mengenal huruf kanji dalam penulisan dan penggunaannya.

Kaiwakai merupakan kegiatan yang dilakukan untuk belajar melakukan percakapan menggunakan bahasa Jepang. Karena lebih fokus untuk melakukan percakapan, native speaker selalu diajak untuk bergabung dalam kegiatan ini. Hal itu dilakukan untuk melatih rasa kepercayaan diri mahasiswa untuk dapat mempraktikkan kemampuan bahasa Jepang mereka. Jika ada kesalahan dalam pengucapannya, maka native speaker akan memberitahu cara pengucapan yang benar, serta intonasi dan penekanan ang digunakan.

Benkyoukai N3 adalah kegiatan yang diadakan guna mempersiapkan mahasiswa untuk mengikuti JLPT level 3. JLPT merupakan Japanese Language Proficiency Test atu tes kemampuan berbahsa Jepang. Sebagai salah satu syarat kelulusan dari Studi Kejepang Universitas Airlangga adalah dengan mendapatkan sertifikat lulus level 3 dalam JLPT. Oleh karena itu, PPAP memfasilitasi mahasiswa yang akan mengikuti JLPT dengan mengadakan kegiatan ini. Kegiatan ini hanya dilaksanakan 2 bulan sebelum JLPT dilaksanakan, dan pelaksanaannya diadakan sekali dalam satu minggu.

Benkyoukai shinnyuusei merupakan kegiatan yang diadakan khusus untuk mahasiswa baru Studi Kejepangan. Kegiatan ini lebih fokus untuk mengenalkan tentang kegiatan perkuliahan yang akan ditempuh ketika menjadi mahasiswa Studi Kejepangan. Mata kuliah yang dikenalkan pun lebih cenderung ke mata kuliah bahasa Jepang, khususnya mata kuliah pengenalan huruf Jepang. Kegiatan ini diadakan dua hari saja sebelum mahasiswa baru memulai serangkaian kegiatan Amerta.

Kanji Taikai adalah kegiatan lomba yang diadakan oleh departemen untuk menguji dan memberikan apresiasi terhadap kemampuan mengenali huruf kanji bagi seluruh mahasiswa aktif Studi Kejepangan. Kegiatan ini merupakan kegiatan dari departemen keilmuan HIMA Nisekai dan diadakan dalah satu hari pada bulan September kemarin. Dan kegiatan kemarin berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana.

Kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan guna mengembangkan kemampuan mahasiswa Studi Kejepangan di bidang akademik. Memahami bahasa Jepang membutuhkan waktu dan tenaga extra, sehingga kegiatan seperti ini penting untuk selalu dilakukan. Manfaat yang bisa didapat pun banyak seperti; (1) membantu mahasiswa untuk memperkuat pemahaman mahasiswa dalam belajar kanji, (2) membantu mahasiswa dalam aplikasi penggunaan bahasa Jepang dalam percakapan sehari-hari, (3) membantu mahasiswa dalam mempelajari tata bahasa Jepang, (4) memberikan wadah bagi mahasiswa Studi Kejepangan yang belum mengambil tes Nouryokushiken N3 sebagai syarat dari kelulusan, (5) memberikan gambaran kepada mahasiswa baru Studi Kejepangan tentang suasana dan materi yang akan diterima di bangku perkuliahan, (6) memperkenalkan dan melatih mahasiswa dalam teknis perlombaan Kanji, (7) memberikan satu hari penuh waktu untuk mahasiswa Studi Kejepangan menggunakan bahasa Jepang dalam kehidupan sehari-hari, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, ada baiknya kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan dan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh mahasiswa.