Bradanaya (BERSATU DALAM WAHANA BUDAYA) 2018

image

Bradanaya (BERSATU DALAM WAHANA BUDAYA) 2018 berhasil dilaksanakan di bawah naungan  kementrian PSDM (Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa) BEM FIB Universitas Airlangga pada hari kamis (9/8/18) hingga sabtu (11/8/18) di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Airlangga.

Bradanaya dilaksanakan sebagai bentuk pengkaderisasian di lingkup mahasiswa baru Fakultas Ilmu Budaya yang bertujuan agar para mahasiswa baru lebih mengenal dunia kampus. Melalui tahap kaderisasi ini, diharapkan mahasiswa baru mampu bersosialisasi dengan lingkungan baru yang memiliki perubahan mendasar dari SMA. Mereka juga bisa mengenal kampus mereka, dimulai dari letak bangunan hingga organisasi apa yang ada di dalamnya.

Bradanaya tahun ini bertemakan “Karsa Budaya” yang menonjolkan persatuan meski berbagai budaya, hal ini didasari mahasiswa tak hanya dari wilayah Surabaya, melainkan banyak mahasiswa rantau di luar Surabaya seperti    Gresik, Tuban, Lamongan, Kalimantan bahkan Indonesia bagian Timur. Selain itu, tema “Karsa Budaya” juga memiliki makna filosofis bahwa untuk membentuk sebuah individu yang beridentitas FIB diperlukan niat untuk berbudaya yang besar. Niat tersebut sebaiknya dipupuk sejak dini karena terdapat aspek-aspek sosial individu yang wajib untuk dimiliki.

Dalam pelaksanaannya, Bradanaya tahun ini tak berbeda jauh dari tahun sebelumnya. Mahasiswa difokuskan untuk mendiskusikan suatu masalah yang diberikan, display ormawa yaitu pengenalan-pengenalan terhadap ormawa di Fakultas dan diakhiri oleh makan bersama dengan tumpeng yang sudah disediakan panitia di hari sabtu.

Badanaya 2018 berhasil dilaksanakan meskipun ada beberapa kendala seperti rundown yang tidak sesuai dan banyaknya mahasiswa baru yang sakit, sehingga panitia-terutama sie medis cukup kewalahan dalam menangani mereka di hari kedua acara berlangsung. Diharapkan ke depannya agar kegiatan pengkaderan ini terus bisa dilaksanakan setiap tahunnya guna mendidik mental para mahasiswa baru dalam menghadapi dunia perkuliahan ke depannya.