Peneliti Dangdut Asal Amerika, Andrea Decker, Berikan Kuliah Tamu di Magister Kajian Sastra dan Budaya FIB Unair

image

Peneliti Dangdut Asal Amerika, Andrea Decker, Berikan Kuliah Tamu di Magister Kajian Sastra dan Budaya FIB Unair

  

Di tahun terakhir ini mungkin musik dangdut kembali banyak diminati dan dinikmati. Bukan hanya kalangan tertentu, tetapi kaula muda juga ikut menggandrungi sejak lagu sayang yang dinyanyikan kembali oleh Via Vallent. Lagu tersebut menjadi lagu yang sering diputar dimana-mana. Masyarakat menerima lagu tersebut sebagai fenomena baru. Namun, pernahkan Anda membayangkan jika yang menyanyikan lagu dangdut adalah seorang bule?

Bule yang memiliki paras cantik tersebut, Andrea Decker, peneliti dari Amerika Serikat. Ia adalah mahasiswa strata dua jurusan ethnomusicology dari University of California. Andrea datang ke indonesia pada bulan Oktober 2017 dan memulai penelitiannya kurang lebih selama 12 bulan. Melalui judul penelitiannya “Dandut is the Music of My Country: Class, Genre, and Gender in Indonesia’s Most Popular Music” ia mengungkap relasi yang dibangun musik dangdut dan orkes musik.

Pada tanggal 20 September 2018 lalu, di Ruang Poerwodarminto, Fakultas Ilmu Budaya ia berkesempatan memaparkan hasil penelitiannya tersebut. Dalam prosesnya, sebelum datang ke Indonesia, Andrea mengaku telah mengikuti beberapa percakapan grup orkes melayu di media sosial. Hingga ia terlibat dalam tour orkes dangdut pantura terkenal, Monata, dan berkesempatan menjajal jadi seorang biduan. Tak tanggung-tanggung, bahkan ia pernah bernyanyi bersama Sodiq, penyanyi dangdut pantura yang cukup memiliki nama.

Andrea menemukan bahwa musik dangdut tidak hanya seputar musik, tetapi juga penghayatan, dan citra kekuatan seorang perempuan. “Dari data yang sudah saya kumpulkan, semua setuju musik dangdut mempunyai kekuatan untuk menarik massa dan membuat pendengar jogged.” Ucapnya sambil tersenyum. Ia juga berharap untuk memahami lebih lanjut tentang relasi antara gender, sensation, dan affect yang tercipta dalam dunia musik dangdut. (rni/kkh)