RICE 2k18, Harmony in Diversity

image

Pada 26 Mei 2018 di SD Muhammadiyah 9 Surabaya, Departemen Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Airlangga mengadakan acara amal Ramadhan tahunan mereka, Ramadhan In Charity with EDSA atau lebih dikenal dengan RICE. Tema tahun ini adalah ‘Harmony in Diversity’, yang berarti merayakan keragaman dan memandang semua orang sebagai setara. Acara ini terdiri dari permainan, pemberian amal, dan tentu saja, berbuka puasa bersama saat matahari turun.

Anak-anaknya adalah anak-anak dari desa yang mereka undang, dan mereka juga mengundang komunitas wanita lansia. Permainan itu untuk anak-anak, dan para pemenang akan mendapatkan beberapa barang perlengkapan sekolah. Adapun para wanita lansia, mereka diundang untuk diberi amal dan juga makanan gratis untuk buka puasa mereka.

RICE 2018 juga menyumbangkan uang untuk 3 komunitas yang membutuhkan, uang itu berasal dari uang sumbangkan diberikan oleh orang-orang yang disumbangkan atas nama untuk acara ini dan setiap komunitas, lalu sisanya uang sumbangannya kemudian digunakan untuk makanan buka puasa yang mereka berikan kepada para peserta.

Menjelang akhir malam setelah acara berakhir, para alumni Departemen Bahasa Inggris datang bergabung untuk malamnya yang merupakan segmen kecil dari acara yang ditujukan untuk para mahasiswa Departemen Bahasa Inggris untuk berbagi pengalaman mereka sebagai mahasiswa di Fakultas Ilmu Budaya atau sebaliknya bagi para alumni untuk menceritakan tentang pengalaman mereka setelah lulus. Segmen ini terdiri dari game seperti ‘Werewolf’ dan ‘Never Have I Ever ’untuk memecahkan kebekuan antara siswa dan alumni.

Secara keseluruhan, acara ini sukses bagi para peserta dan mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris. Acara ini berlangsung dari jam 2 hingga jam 7 malam untuk para peserta, tetapi satu hari penuh untuk tim yang menyelenggarakan acara ini. Bagi para panitia, semua kerja keras yang diberi untuk membuat acara ini benar-benar membuahkan hasil dan mereka sangat bahagia selama mereka membuat anak-anak dan para peserta lainnya tersenyum di bulan Ramadhan yang indah ini.