Pelatihan Film Dokumenter dengan Mr. Krambrock

image

Pada tanggal 16 April hingga 11 Mei 2018, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga Surabaya mengundang Mr.Krambrock yang merupakan warga negara Jerman untuk membuat film dokumenter. Kegiatan tersebut bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Magister Kajian Sastra dan Budaya (Hima MKSB). Mr. Krambrock menjadi dosen tamu di perkuliahan kajian sinema..

Mr. Krambrock memberikan pembekalan terhadap mahasiswa tentang  film dokumenter. Beliau membagikan ilmunya mulai dari pengambilan gambar, cara, hingga editing film. Film dokumenter berdurasi lima menit tersebut bertemakan “Surabaya:The City of Colour”. Mahasiswa dapat mengambil dari berbagai sudut pandang. Ada yang menyorot ‘warna’ Surabaya dari petugas kebersihan, keberagaman agama, fenomena cangkruk, hingga bercocok tanam.

Mr. Krambrock mengatakan bahwa dirinya merasa terhormat di undang di Surabaya. Senang melihat anak-anak yang mengambil mata kuliah kajian sinema begitu antusias. Bangga melihat mahasiswa dapat membuat film yang layak untuk ditonton, walaupun waktu pelatihan cukup singkat.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Bu Nur Wulan, selaku ketua program studi Kajian Sastra dan Budaya, “Saya berterima kasih kepada Mr.Krambrock, istri, dan mahasiswa mata kuliah kajian sinema. Pengalaman berharga bisa diajar oleh Mr.Krambrock. Bagi pemula, dalam waktu singkat sudah bisa membuat film dokumenter tentang Surabaya dari berbagai macam sudut pandang.” Riszki Alla, selaku mahasiswa dan ketua HIMA MKSB juga mengatakan, “Menurutku pelatihan tersebut bagus, nambah wawasan tentang sinematografi.”

Mr. Krambrock dan mahasiswa MKSB tidak hanya berbicara mengenai kuliah kajian sinema, melainkan juga berwisata keliling Surabaya. Mereka mengunjungi House of Sampoerna dan taman prestasi. Wisata tidak hanya di Surabaya, melainkan juga ke luar kota. Salah satu wisata alam yang dikunjungi adalah gunung Bromo yang terdapat di Probolinggo. Perpisahan dengan Mr. Krambrock diadakan di restoran Mutiara  pada tanggal 11 Mei 2018, sekaligus screening film.