FORUM ADVOKASI MAHASISWA

image

Fakultas Ilmu Budaya – Universitas Airlangga, 3/5/2018. Surabaya. Kementerian Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa (Adkesma) Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga (BEM FIB UNAIR) bersama dengan Komisi II (Aspirasi-Advokasi) Badan Legislatif Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga (BLM FIB UNAIR) telah melaksanakan kegiatan bernama “Forum Advokasi Mahasiswa” (FORMA). FORMA merupakan sebuah forum dialog yang mempertemukan seluruh elemen mahasiswa dengan para pemegang otoritas kebijakan yang ada di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga (FIB UNAIR). Dalam forum ini mahasiswa memiliki kesempatan untuk menyampaikan segala bentuk aspirasinya, baik berupa pertanyaan, kritik, saran, maupun masukannya kepada para pihak terkait. Setiap aspirasi tersebut kemudian akan ditanggapi secara langsung oleh pihak-pihak terkait yang hadir. Baik tanggapan berupa klarifikasi ataupun solusi atas setiap persoalan yang disampaikan mahasiswa. Kegiatan ini sangatlah perlu diadakan guna menjalin kerjasama yang baik antara seluruh elemen civitas akademika FIB UNAIR.

Forum tersebut diadakan pada hari kamis tanggal 3 Mei 2018, yang berlangsung sejak pukul 13.00 hingga pukul 16.00 WIB dan bertempat di Ruang Siti Parwati lantai dua FIB UNAIR.  Selain dihadiri oleh kurang lebih sebanyak seratus orang mahasiswa, kegiatan ini juga dihadiri oleh para pengurus Organisasi Mahasiswa Fakultas Ilmu  Budaya Universitas Airlangga (ORMAWA FIB UNAIR), para Kasubbag, dan para Wakil Dekan FIB UNAIR. Di antara dari mereka yang hadir adalah Kasubbag Akademik, Joes Soetrisno, S.H., Kasubbag Kemahasiswaan, Bayu Laksono, S.E., Kasubbag Keuangan dan SDM, Sumaryono, S.E., Kasubbag Sarana dan Prasarana, Yani Rahmawati, S.KM., M.Si., Wakil Dekan I FIB UNAIR, Puji Karyanto S.S., M.Hum., dan Wakil Dekan III FIB UNAIR, Rizki Andini S.Pd., M.Litt., Ph.D.

Pada kegiatan ini, mahasiswa terlihat cukup antusias dalam mengikuti seluruh rangkaian acara. Ini terlihat dari banyaknya pertanyaan, kritik, serta saran yang dilontarkan mahasiswa kepada para pihak dekanat terkait. Dengan terbuka pula para pihak dekanat yang hadir memberikan klarifikasi dan berusaha memberi solusi atas setiap permasalahan yang disampaikan oleh mahasiswa. Rencananya, hasil dari Forum Advokasi Mahasiswa tersebut akan direalisasikan dalam bentuk nota kesepahaman antara Mahasiswa, dengan para Kasubbag dan Wakil Dekan yang hadir. Namun karena keterbatasan waktu dan jadwal kasubbag yang begitu padat, prosesi penandatanganan tersebut tidak jadi terealisasikan. Kedepan, Kementerian Adkesma beserta Komisi II BLM FIB UNAIR akan mengawal hasil pembahasan Forum Advokasi Mahasiswa. Dengan demikian diharapkan bahwa setelah diadakannya FORMA ini kesadaran mahasiswa dalam merawat dan memajukan FIB UNAIR menjadi semakin bertumbuh-kembang, sehingga nantinya dapat menciptakan lingkungan dengan suasana kultur yang harmonis dan menyenangkan.