UPGRADING BEM FIB UNAIR 2018

image

Harapan bagi persatuan dan kesejahteraan bangsa dan negara ada dipundak para generasi muda. Mahasiswa sebagai kaum intelektual muda diharapkan mampu menyebarkan pengaruh positif dan berkontribusi nyata didalam masyarakat. Masyarakat membutuhkan keberadaan mahasiswa sebagai penerus estafet kepemimpinan bangsa ini agar dapat mengarahkan masyarakat dalam mengeluarkan aspirasinya. Oleh karena itu, mahasiswa juga harus memberikan kontribusi yang nyata, turut andil dalam mendorong perkembangan kualitas masyarakat serta menciptakan kesejahteraan bagi mereka.

Peranan mahasiswa tersebut dapat terorganisir dalam sebuah wadah sebagai sarana pelatihan serta tujuan bersama untuk mewujudkan suatu kontribusi yang nyata dan berarti. Dengan demikian kami perlu mengadakan upgrading ini dalam rangka menambah wawasan dan pengetahuan bagi pengurus dan juga anggota BEM yang nantinya disiapkan untuk menjalankan roda organisasi sesuai tujuannya.

Upgrading Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga 2018 ini bertemakan “Guyub Rukun Bareng BEM FIB 2018”. Upgrading ini bertujuan untuk terciptanya rasa kekeluargaan di antara pengurus BEM FIB UNAIR 2018, dapat menjalin rasa kompak dan kebersamaan demi kelancaran tugas yang akan diemban selama satu periode kedepan, terciptanya generasi pemimpin yang bertanggung jawab dan mampu memajukan FIB UNAIR, serta menyatukan visi dan misi anggota BEM FIB UNAIR 2018. Upgrading dilakukan pada 13-15 April 2018 bertempat di Villa Patung Kuda,  Tretes, Pandaan, Pandaan. Para peserta berkumpul di Lapangan Magister Manajemen dan berangkat setelah salat magrib. Sekitar pukul 21.00 WIB sampai di tempat dan dilakukan pembukaan yaitu sambutan oleh Ketua Pelaksana yakni Revitaleaseky Sudiro Putri, Wakil Ketua BEM FIB Lusmitasari, beserta Ketua BEM FIB Yunaz Ali. Setelah memberikan sambutan sekaligus membuka acara, acara selanjutnya yakni pembacaan peraturan, pengumpulan  kado dan makanan ringan kementrian, setelah itu dilanjutkan dengan istirahat.

Pada hari kedua, acara diawali dengan senam bersama yang dipimpin oleh Kementrian Minat dan Bakat. Kemudian, acara dilanjutkan dengan materi yang pertama yang bertemakan “Arti dalam Guyub Rukun” diisi oleh ketua BEM FIB dan wakil ketua BEM FIB. Materi kedua yaitu Focus Group Discussion yang diisi oleh Kementrian Kajian Aksi Strategis dan materi ketiga diisi oleh para alumni FIB. Sekitar pukul 19.30 WIB setiap kementrian menampilkan artshow yang telah ditentukan sebelumnya. Artshow yang ditampilkan seperti simulasi bencana alam yang dilakukan oleh badan pengurus harian, simulasi aksi yang dilakukan oleh Kementrian Minat dan Bakat, dan lain-lain. Setelah artshow, diadakan share to care yaitu mendengarkan keluh kesah setiap kementrian selama berada di BEM ini.

Pada hari terakhir diadakan game kelompok, namun kelompok bukan dari kementrian yang sama. Kelompok dibagi secara acak. Permainan dibagi menjadi 5 dan 1 game besar. Permainan ini bertujuan untuk melatih kekompakan, pantang menyerah, saling mengenal satu sama lain, dan saling bekerja sama sangat dibutuhkan. Setelah bersenang-senang dilanjutkan dengan secret admirer yaitu dengan memberikan amplop kepada teman yang ada disebelahnya untuk diisi kertas yang telah ditulis kesan dan pesan. Disela-sela secret admirer, terdapat awarding dan tukar kado. Awarding yaitu penghargaan untuk Kementrian Pengabdian Masyarakat sebagai kementrian dengan artshow terbaik, Kementrian Kajian Aksi Strategis sebagai kementrian terkompak, dan kelompok 3 dengan kelompok terbaik. Upgrading ditutup dengan foto bersama yang dilakukan di halaman depan villa.